Header Ads

Amerika Serikat dan Eropa Rayakan Hari Ayah

Selama pekan ini kedepan, masyarakat Amerika Serikat dan Eropa merayakan Hari Ayah. Berikut adalah segala sesuatu yang Anda ingin tahu tentang hari yang paling diabaikan dalam kalender.

Hari Ayah dirayakan pada 21 Juni 2015 di Inggris, serta sejumlah negara lain di seluruh dunia. Idenya berasal dari Amerika Serikat dan telah resmi dirayakan pada hari Minggu ketiga bulan Juni sejak tahun 1966.

Asal-usul dari Hari Ayah hingga kini masih diperdebatkan, meskipun kita tahu gerakan untuk hari yang dirayakan kepada para ayah dimulai kira-kira 100 tahun yang lalu.

Beberapa orang mengatakan bahwa seorang pria bernama Sonora Dodd, dari Washington, mendapatkan ide tentang perayaan hari itu setelah mendengar khotbah dari ibadah yang dilaksanakan pada Hari Ibu di tahun 1910 dan bertanya-tanya, tidak masuk akal, mengapa ayah tidak memiliki hari mereka sendiri juga. Dodd dan kedua adiknya dibesarkan oleh ayah mereka, sebagai orang tua tunggal setelah ibu mereka meninggal saat melahirkan.

Sonora didukung oleh Pemuda Kristen lokal dan Asosiasi Pelayanan Kristen dari Kota Spokane, tempat ia dilahirkan.

Sonora kemudian memulai kampanye untuk mengakui Hari Ayah, yang kemudian pertama diadakan di Spokane pada tahun 1910, dengan sejumlah kota-kota dan kota-kota di seluruh Amerika kemudian mengikuti.

Kisah lain mengatakan bahwa Hari Ayah pertama kali dipopulerkan oleh Grace Golden Clayton dari Fairmont, Virginia Barat, yang harus dikreditkan dengan konsep Hari Ayah, setelah dia menyarankan hari merayakan ayah pada tahun 1908.

Dia mengemukakan gagasan menyusul ledakan tambang di kota terdekat beberapa puluh tahun sebelumnya yang menewaskan lebih dari 360 orang - dengan alasan bahwa anak-anak di kota membutuhkan waktu untuk mengingat leluhur mereka.

Hari libur nasional?
Sementara presiden Amerika secara tidak resmi mendukung hari tersebut, tidak sampai 1966 hari itu dimasukkan di kalender resmi negara oleh Presiden Lyndon Johnson.

Pada tahun 1972 itu dibuat hari libur nasional permanen dengan Presiden Nixon, meskipun di Inggris tidak menikmati status ini. Hari sejak itu telah dipindahkan ke hari Minggu ketiga bulan Juni, sejalan dengan Inggris dan Amerika Serikat.

Langkah itu muncul setelah kampanye oleh sejumlah tokoh masyarakat, termasuk Senator Margaret Chase Smith, yang pada tahun 1957 menulis kepada kongres dengan berkata, "Apakah kita menghormati kedua orang tua kami, ibu dan ayah, atau biarkan hanya menghormati salah satu saja. Tapi untuk membuang salah satu dari dua orang tua kita dan menghilangkan yang lain adalah penghinaan yang paling pedih dibayangkan."

Sementara di Inggris, para ayah hanya mengharapkan pada hari itu mereka mendapat yang terbaik dari anak-anaknya; sarapan di tempat tidur dan kartu buatan tangan. Sedangkan yang paling buruk adalah hari itu diabaikan oleh para anak.

Sedangkan di tempat lain festival ini dilakukan sedikit berbeda. Di Jerman disebut Vatertag (Hari Ayah) tetapi juga kadang-kadang dikenal sebagai Männertag (Hari Pria).

Pada daerah-daerah tertentu di Jerman adalah tradisi untuk kelompok laki-laki pergi ke hutan dengan gerobak bir, anggur dan daging. Mereka lalu meminumnya secara massal. Hal ini nampaknya menjadi keprihatinan tersendiri sebab, menurut statistik resmi, kecelakaan lalu lintas terkait lonjakan pada hari ini.

Di Cina, Hari Ayah yang digunakan untuk dirayakan pada tanggal 8 Agustus. Sebagai dalam bahasa Cina, angka delapan berbunyi "ba" yang juga merupakan panggilan  untuk ayah adalah "ba-ba" - sehingga hari kedelapan bulan kedelapan terdengar mirip dengan "bapa".  [Telegraph]
Powered by Blogger.