Sunday, 7 June 2015

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Timnas U-23 Gilas Kamboja 6-0, Raih Kemenangan Perdana .
Timnas Indonesia U-23 memetik kemenangan pertama pada SEA Games 2015. Hasil positif tersebut diraih usai Tim Merah Putih sukses menghantam Timnas Kamboja U-23 dengan skor 6-1 pada laga kedua grup A.

Indonesia tampil buruk pada laga pertama. Mereka harus kalah dari Myanmar dengan skor 4-2. Namun, hasil buruk itu ternyata mampu diperbaiki oleh Indonesia pada laga kedua.

Berduel dengan Kamboja di Stadion Jalan Besar, Sabtu 6 Juni malam hari, Indonesia tampil sangat apik dan dominan. Mereka menunjukkan permainan agresif dan menekan sejak awal pertandingan.

Agresifitas Indonesia itu ternyata berhasil membuat Kamboja ketar-ketir. Sebaliknya, Kamboja justru tak mampu keluar dari tekanan dan kerap melakukan kesalahan pada laga ini.

Dominasi Indonesia ternyata berbuah hasil cepat. Pada menit ke-12, mereka sudah menciptakan keunggulan lewat gol Muchlis Hadi. Ia sukses meneruskan umpan dari sisi kiri dengan baik.

Unggul satu gol, Indonesia semakin agresif. Tim lawan justru sebaliknya terus tertekan dan tak mampu memberikan perlawanan berarti.

Alhasil, Indonesia sukses menggandakan keunggulan pada menit ke-36 setelah Ahmad Nufiandsani sukses mencatatkan namanya di papan skor. Mendapat umpan terobosan dari tengah lapangan, Dani yang lolos dari jebakan off-side langsung menggiring bola ke dalam kotak. Kemudian, ia tak ragu melepaskan tembakan lewat sudut sempit yang mampu mengecoh kiper Kamboja.

Pada menit ke-58, Dani melepaskan sepakan keras usai mendapat umpan terobosan dari luar kotak. Namun, sepakannya masih belum berbuah hasil lantaran bola masih melewati atas mistar gawang saja.

Gol tersebut menjadi gol terakhir pada babak pertama. Skor 2-0 bertahan untuk keunggulan Indonesia.

Memasuki babak kedua, Indonesia tak menurunkan tempo permainan. Mereka terus menekan dan mengurung Kamboja pada babak ini.

Pada menit ke-52, Muchlis Hadi mendapat peluang usai menerima umpan di dalam kotak. Namun, sepakan kaki kanannya masih melebar ke atas mistar gawang.

Di tengah dominasi Indonesia, Kamboja sempat beberapa kali keluar dari tekanan. Mereka pun berhasil memperkecil ketertinggalan mereka. Tepat pada menit ke-56, penyerang Kamboja Prak Mony Udom sukses mencetak gol lewat eksekusi penalti yang lahir dari pelanggaran Syaiful terhadap pemain Kamboja di dalam kotak pada menit ke-55.

Meski begitu, Indonesia tetap tampil agresif. Bahkan, mereka mampu memperbesar keunggulan pada menit ke-68 lewat Muchlis Hadi.

Indonesia semakin agresif. Pada menit ke-74, Tim Merah Putih kembali mengoyak gawang Kamboja lewat Muchlis yang mencatatkan hattricknya pada laga ini. Ia berhasil memanfaatkan bola rebound hasil dari tendangan keras Evan dari luar kotak penalti yang mengenai mistar gawang.

Pada menit ke-83, Adam Alis melakukan tendangan keras. Namun, bola masih melayang dari atas mistar gawang.

Pemain pengganti, Wawan Pebriyanto membuat para fan Indonesia bersorak setelah berhasil mengoyak gawang Kamboja lewat tendangannya. Berawal dari umpan satu dua yang manis, Wawan sukses memanfaatkan umpan tersebut dengan menyarangkan bola ke gawang.

Evan Dimas menggenapkan kemenangan Indonesia pada menit injury time. Ia sukses mencetak gol setelah memanfaatkan umpan dari Wawan yang melakukan akselerasi ke dalam kotak penalti.

Hingga laga usai, tidak ada gol lagi yang tercipta. Skor 6-1 untuk kemenangan Indonesia.

Dengan hasil ini, Indonesia kini naik ke peringkat kedua di klasemen sementara grup B dengan mengoleksi tiga poin. Mereka tertinggal tiga poin dari Myanmar yang saat ini mengoleksi enam poin. Sementara itu, Kamboja harus turun ke peringkat keempat dengan mengoleksi tiga poin.

Susunan pemain kedua tim:

Indonesia:
Teguh Amiruddin, Muhammad Abduh Lestaluhu, Syaiful Indra Cahya, Manahati Lestusen, Agung Prasetyo, Evan Dimas Darmono, Ahmad Nufiandani, Paulo Aktavianus Sintanggang/Wawan Pebriyanto, Adam Alis Setyano, Zulfiandi.

Kamboja: UM Serei Rath, Nen Sothearoth, Soeuy Visal, Sam Oeun Pidor, Prak Mony Udom, Hoy Phallin, Keo Sokpheng/Chan Vathanaka, Sos Suhana, Tit Dina, Ngoy Srin.
PAT