Wednesday, 13 July 2016

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca BMKG Bengkulu Peringatkan Gelombang Tinggi.
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu memperingatkan gelombang tinggi hingga empat meter di perairan Bengkulu, Pulau Enggano, hingga Samudera Hindia Barat Bengkulu.

"Masyarakat yang menggunakan transportasi laut atau yang beraktivitas di wilayah perairan agar mewaspadai gelombang tinggi hingga empat meter di perairan Bengkulu," kata Prakirawan BMKG Bengkulu Haris Syahid di Bengkulu, Rabu.

Ia mengatakan peringatan dini gelombang tinggi tersebut juga telah disampaikan kepada nelayan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) di wilayah kabupaten dan kota.

Masyarakat nelayan, terutama yang menggunakan kapal tradisional menurut dia harus mewaspadai cuaca ekstrem tersebut karena membahayakan keselamatan jiwa mereka.

"Gelombang tinggi cukup membahayakan bagi kapal nelayan tradisional karena itu perlu waspada," katanya.

Termasuk nelayan tradisional di Pulau Enggano, pulau terluar berjarak 106 mil laut dari Kota Bengkulu menurut dia perlu mewaspadai potensi gelombang tinggi itu.

Selain prakiraan gelombang, BMKG juga memprakirakan hujan dengan intensitas ringan melanda 10 wilayah kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu.

Hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di wilayah Kota Bengkulu, Kepahiang, Manna, Tubei, Curup, Argamakmur, Tais, Mukomuko dan Bintuhan.

Arah angin bertiup dari Barat dengan kecepatan antara 12 kilometer per jam hingga 40 kilometer per jam dengan suhu rata-rata mencapai 33 derajat Celcius. (BERITA:ANTARA/ FOTO: SETKAB)