Thursday, 14 July 2016

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Partisipasi Pemerintah di Festival Raudhah Sis Aljufri Sangat Rendah.
Partisipasi satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Kota Palu pada hari pertama kegiatan tahunan Festival Raudhah Sis Aljufri IV sangat rendah.

Pantauan media di lokasi festival Raudah, Kamis, dari sejumlah stand yang disiapkan, hanya Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Palu yang berpartisipasi, sementara stand lainnya masih kosong.

Festival Raudha sendiri merupakan program rutin Pemkot Palu yang dilaksanakan setiap tahun bekerja sama Pengurus Besar Alkhairaat.

"Lebih ramai tahun lalu daripada tahun ini," ungkap Maspian, salah seorang penjaga stand Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah.

Menurut dia, salah satu faktor yang membuat kegiatan tahun ini tidak semarak adalah lokasi stand yang berada di tepi Jalan Sis Aljufri, sementara tahun sebelumnya dilaksanakan di dalam kompleks yayasan Pengurus Besar (PB) Alkhairaat.

"Festival ini juga bersamaan dengan acara Kampung Baru Fair atau Festival Mandura, sehingga perhatian masyarakat menjadi terbagi-bagi," ujarnya.

Soal minimnya peran serta SKPD lingkup Pemkot Palu, Maspin tidak memberikan komentar, tetapi menyebutkan bahwa seluruh instansi telah mendapatkan surat edaran dari wali kota untuk meramaikan kegiatan tersebut.

"Stand yang di samping kami adalah milik Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, tapi belum terisi," tutup Maspian.

Hal yang sama disampaikan salah seorang pedagang keliling di lokasi festival, Imran, keramaian festival tahun ini sangat berbeda dengan kegiatan serupa tahun lalu.

"Alhamdulillah, tahun lalu saya berjualan parfum di lokasi festival sangat ramai pembeli, tetapi tahun sepi sekali pembeli," ungkapnya.

Ia berharap kegiatan serupa pada tahun mendatang dilakukan di tempat yang sama seperti tahu ini karena sangat tidak strategis.

Kegiatan Festival Raudha Sis Aljufri IV dibuka Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan Muh Arif Latjuba, Rabu (13/7) malam di halaman SMK 1 Alkhairaat Palu.

Pembukaan kegiatan ditandai dengan pemukulan rebana oleh Ketua Umum PB Alkhairaat H.S. Ali Bin Muhammad Aljufri, Wakil Wali Kota Palu Sigit Purnomo Said, Asisten I Bdang Pemerintah Moh. Arif Latjuba, Wakil Ketua DPRD Kota Palu dan Plt. Sekretaris kota Palu Dharma Gunawan.

Kegiatan pembukaan juga dirangkaikan dengan pembukaan Pekan Silaturahim Nusantara (Pesan) I Alkhairaat yang merupakan rangkaian dari kegiatan haul guru tua ke-48. (BERITA:ANTARA/ GAMBAR:KODIMDONGGALA)