Wednesday, 13 July 2016

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Posko Kesehatan Lebaran Tidak Maksimal.
Posko arus balik lebaran di cek poin atau rest area di Balai Pendidikan dan Pelatihan Dinas Kelautan dan Perikanan di Jalan Raya 2 Sukamandi-Ciasem, Subang, Jawa Barat, dimulai satu hari setelah Lebaran. Terdapat pos pelayanan pemeriksaan kendaraan motor secara gratis dari PT Astra Motor Honda, dari Dinas Perhubungan Kabupaten Subang, pos kesehatan dari Dinas Kesehatan Subang, stand pelumas dari  PT Pertamina, stand minuman berenergi dan dua hari kemudian tepatnya H+2 (Sabtu) terdapat pos kesehatan dari Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Mabes Polri. Pusdokkes hanya memberikan pelayanan selama dua hari.

Sementara di pos kesehatan Dinkes Kabupaten Subang tak ada pelayanan kesehatan meski ada tendanya. Di dalam pos terdapat satu unit meja, kursi, satu unit velbad dalam posisi berantakan. Berdasarkan pantauan Radio Republik Indonesia, kondisi itu terjadi mulai Jumat hingga Minggu.

Pada Senin (H4), petugas kesehatan dari Dinkes Subang baru muncul  di rest area Sukamandi. Sistem pelayanan kesehatan di rest area dengan membuat jadwal tugas Puskesmas. Kebetulan H+4, yang bertugas adalah Puskesmas Pamanukan.

Djamal, salah seorang Perawat dari Puskesmas Pamanukan mengatakan terdapat 40 Puskesmas yang disebar di tiga posko yaitu Cipali, Ciater dan Sukamandi. 

Khusus di rest area, ditangani oleh 14 Puskesmas yang bertugas secara bergantian diantaranya adalah Puskesmas Pamanukan, Ciasem, Batangsari, Patokbeusi dan Cilamaya. Dia mengaku tidak mengetahui jika benar sebelumnya tidak ada pelayanan.

Berdasarkan pantauan RRI, terdapat satu unit mobil Puskesmas keliling lengkap dengan obat-obatan. Pelayanan tidak dilakukan di dalam pos karena kondisi pos dalam keadaan berantakan. Petugas medis dari Puskesmas hanya duduk di luar. Kemudian pada H+5, giliran Puskesmas lain yang bertugas di reat area Sukamandi.

Epong salah seorang Perawat mengatakan tak tau menahu jika benar tidak ada pelayanan pad H+1 hingga H+3.

"Dari Puskesmas lain itu. Jadi sudab ada jadwal sendiri. Seandainya tidak ada orang, kemungkinan dari Puskesmas lain. Jadi saya kurang tau karena kita dapat jadwal hari ini (kemarin-red)," ujar Epong, Selasa (12/7/2016)

Sama seperti sebelumnya, kondisi pos dalam keadaan berantakan, velbad di luar tenda, dekat pos terdapat mobil ambulance dari Dinas Kesehatan Subang. Di dalam pos, hanya terdapat satu unit meja dan kursi dalam keadaan berantakan. Diatas meja terdapat buku besar berisi jadwal petugas dan blanko untuk laporan pasien berobat. Blangko masih kosong artinya belum ada pemudik yang berobat.

"Hari ini belum ada pasien," ujarnya. (rri)