Saturday, 16 July 2016

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Warga Ankara dan Istanbul Duduki Tank Militer Turki.
Warga Ankara dan Istanbul mendududuki tank milik militer Turki. Usaha ini dilakukan bersama guna mencegah gerakan kudeta yang dilakukan militer negara itu pada Jumat (15/7) petang.

Sekitar ratusan orang mendatangi kendaraan lapis baja tersebut dan meneriakkan yel-yel mencegah kudeta. Mereka meminta agar militer menarik diri dan menghentikan aksi kudeta ini.

Militer Turki melakukan Kudeta di Ibukota Negara, Ankara. Sementara Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, dilaporkan dalam keadaan selamat, Erdogan berjanji bahwa kudeta akan digagalkan.

Jika berhasil, penggulingan Erdogan, yang telah memerintah Turki sejak tahun 2003, akan menjadi salah satu perubahan terbesar di Timur Tengah dalam beberapa tahun, mengubah salah satu sekutu AS paling penting di wilayah tersebut sementara perang berkecamuk di perbatasan.

"Kami akan mengatasi hal ini," kata Erdogan, yang berbicara pada panggilan video via ponsel di depan kamera penyiar CNN di Turki. Dia meminta para pengikutnya untuk turun ke jalan untuk membela pemerintahnya dan mengatakan komplotan kudeta akan membayar harga yang berat.

Seorang pejabat mengatakan Erdogan berbicara dari Marmaris di pantai Turki, di mana ia sedang berlibur. Erdogan mengatakan ia dengan cepat akan kembali ke Ankara.

Menurut laporan kantor kepresidenan,pada Jumat (15/7) kudeta dilancarkan oleh sebagian anggota angkatan bersenjata tak tidak direstui oleh pusat komando. (BERITA/VIDEO:LIVELEAKS / GAMBAR:AP)