Wednesday, 13 July 2016

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Warga Kampung Jawa Gorontalo Rayakan Lebaran Ketupat.
Perayaan Lebaran Ketupat, warga dari berbagai daerah memadati kampung jawa yang terletak di Desa Yosonegoro, Kabupaten Gorontalo, Rabu.

Pantauan ANTARA, warga dari arah Kota Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango dan kabupaten Gorontalo mulai berdatangan sejak pukul 07.00 WITA dengan menggunakan berbagai kendaraan.

Ada yang menggunakan motor, mobil, becak motor (bentor), truk, maupun kendaraan mobil bak terbuka.

Siti Nurhandayani, warga Kota Gorontalo mengaku datang ke Desa Yosonegoro sejak pagi untuk menghindari kemacetan.

"Pukul 06.00 WITA saya sudah berangkat dari rumah dengan menggunakan motor karena takut terjebak kemacetan yang setiap tahun terjadi saat perayaan Lebaran Ketupat," katanya.

Dia mengatakan, sudah menjadi tradisi, setiap tahun ia dan keluarga datang ke kampung jawa untuk bersilaturahmi bersama sanak keluarga dan teman.

Sementara itu, Sultan, warga Kabupaten Bone Bolango mengatakan, datang ke kampung jawa karena banyak hiburan permainan rakyat dan juga pacuan kuda dan karapan sapi.

"Saya kesini ingin melihat lomba panjat pinang dan pacuan kuda, karena menjadi sarana hiburan yang menarik, apalagi saya hobi fotografi," ungkap Sultan.

Menurutnya, tradisi permainan rakyat dan pacuan kuda adalah objek foto yang sangat menarik dan menjadi salah satu kebanggaan warga Kabupaten Gorontalo.

Namun ia berharap, lokasi pacuan kuda dan karapan sapi, kedepannya dapat di perbaiki agar masyarakat yang menonton lebih nyaman, dengan pengaturan lahan parkir serta penjual makanan dan minuman dapat lebih teratur. (BERITA:ANTARA/ FOTO:MONITORDAY)