Sunday, 17 July 2016

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca World Emoji Day atau Hari Emoji Sedunia, Sejarah dan Perkembangannya.
Setiap tanggal 17 Juli semua orang di seluruh dunia merayakan sebuah hari peringatan yang dinamakan #WorldEmojiDay atau Hari Emoji Sedunia.

Tanggal 17 Juli diambil karena tanggal tersebut selalu ada emoticon yang khas pada Smartphone iOS milik Apple. Sehingga dengan alasan itu warga netizen merayakan World Emoji Day, dan tanggal 17 Juli diambil resmi untuk mewakili perayaan tersebut.

Sebelum emoji, ada yang namanya emoticon. Emoticon yang diambil dari suku kata "emotion/emosi" dan "icon/ikon" sehingga dapat diartikan sebagai lambang kita menunjukkan emosi.  Emoticon adalah gabungan antara simbol-simbol, huruf dan angkan yang digabungkan sehingga terlihat seperti ekspresi emosi seseorang dalam teks yang keras dan dingin, sehingga dapat bermakna, beberapa emotikon yang paling dikenal adalah :D , :) dan 8).

Sementara Emoji, yang dalam bahasa Jepang kira-kira berarti "gambaran kata" dikembangkan pada tahun 1990 oleh Shigetaka Kurita yang saat itu bekerja untuk di perusahan telekomunikasi Jepang, NTT DoCoMo. Kurita merancang kata-kata gambar ini sebagai fitur pada pager mereka untuk membuat mereka lebih menarik bagi remaja.

Sementara itu ketika Apple merilis iPhone pertama pada tahun 2007, keyboard emoji di-pasang untuk membuat iPhone masuk di pasar Jepang. Meskipun tidak ditujukan untuk pengguna AS , beberapa pengguna di AS dapat menemukan trik dan dengan cepat menemukan cara untuk menggunakannya.

Pada tanggal 17 Juli 2014, pendiri Emojipedia Jeremy Burge, dengan resmi mendeklarasikan Day Emoji Sedunia.

Setiap tahun emoji baru (baik emoji dan emoji adalah bentuk jamak diterima dari kata) dikembangkan. emojipedia.org yang melacak semua update emoji yang di semua platform dan sistem operasi. Ada lebih dari 1800 emoji mencakup lebih dari sekedar emosi. Dari transportasi, makanan, berbagai macam hewan liar dan peliharaan untuk platform sosial, cuaca dan fungsi tubuh emoji hampir berbicara sendiri.

Saat ini masyarakat dunia juga sedang ramai-ramai memakai Emoji atau Emoticon untuk profil mereka. Serta beberapa orang mencoba meniru tampilan emoji yang ada seperti emoji Whatsapp, BBM, Line, dll.

Ada juga yang mengirim email dengan subject yang ditulis dengan Emoji di Smartphone. Pokoknya tanggal 17 Juli bakalan dipenuhi dengan Emoji dari selurub dunia (BERITA:BATLAX/ GAMBAR:TWITTER)