Wednesday, 13 July 2016

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Yoyok Riyo Sudibyo Ikuti Forum Internasional di Singapura.
Bupati Batang, Yoyok Riyo Sudibyo mengikuti forum internasional di Singapura untuk memaparkan stratagei mengelola pemerintahan dan transparansi keuangan, 13 Juli 2016.

"Kami diundang oleh Kementerian Luar Negeri Singapura dan Center for Liveable Cities (CLC)," katanya melalui pesan pendek di Batang, Jawa Tengah, Selasa.

Menurut dia, pada forum internasional tersebut juga akan dihadiri oleh para wali kota dari berbagai negara untuk bertukar pemikiran tentang strategi membangun kota yang manusiawi dan layak huni.

"Kami patut berbangga karena Kementerian Luar Negeri Singapura dan CLC menilai Kabupaten Batang memiliki prospek pembangunan yang baik. Kami diundang oleh Kementerian Luar Negeri Singapura bersama wali kota negara lain," katanya.

Ia menilai negara Singapura dan kota-kota besar di dunia memiliki tiga persoalan utama, yaitu keterbatasan ruang, ledakan populasi, dan perilaku manusia.

Akan tetapi, kata dia, persoalan yang dihadapi Kabupaten Batang akan berbeda persoalannya dengan negara lain, yaitu masalah keterbatasan dana tetapi pemkab harus berkomitmen menjamin kebahagiaan dan bermanfaat bagi setiap warganya bukan pada mereka yang memiliki uang.

"Alhamdulilah, apa yang kami kerjakan di Batang tidak hanya diakui di Indonesia saja tetapi juga oleh negara maju. Hal ini tentunya akan menambah motivasi bagi kepemimpinan di Batang pada tahun yang akan datang," katanya.

Ia juga memaparkan bagaimana transparansi anggaran dan kebijakan di Kabupaten Batang menjadi dasar untuk mengubah perilaku warga dari tidak peduli menjadi warga yang memiliki hasrat untuk terlibat membangun daerah.

"Kepemimpinan adalah tentang membangun dan menjaga harapan rakyat. Transparansi membuat rakyat selalu punya harapan untuk selalu terlibat dalam pembangunan atau minimal terlibat mengawasi," katanya.

Ia menambahkan dirinya akan menyerap ilmu dan meramunya dengan karakteristik budaya Indonesia pada keikutsertaan di forum internasional itu. (BERITA:ANTARA/FOTO)