Friday, 23 September 2016

01:13
Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Tingkatkan Perikanan Maluku Sebesar Rp300 Miliar.
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berencana menggelontorkan dana sebesar Rp300 miliar untuk mendorong sektor perikanan di Maluku pada 2017.

Rencana tersebut diungkapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam seminar bertema "Pengembangan Sumber Daya Manusia bagi Sektor Perikanan dan Kelautan di Maluku", yang dilaksanakan di Jakarta, Kamis.

"Kami sudah persiapkan, kira-kira sebanyak Rp300 sampai Rp400 miliar untuk Maluku tahun 2017," katanya.

Menteri Susi tidak merinci alokasi penggunaan dana yang diwacanakan masuk dalam anggaran KKP 2017 tersebut.

Namun, ia menyatakan Maluku memiliki kekayaan laut yang melimpah dan berpotensi menjadi penyumbang devisa, jika sektor laut dan perikanannya dikelola dengan tepat.

Lebih lanjut, Menteri Kelautan dan Perikanan ini menjelaskan pihaknya pada 2016 akan lebih banyak membuat kapal besar, dengan kapasitas di atas lima GT.

"Jadi tahun ini kami akan produksi kapal besar agak banyak, yang lima GT kami kurangi, tapi yang 10 GT dan 20 GT ditambah. Tahun depan kami naikan lagi yang 30 GT ke atas," jelasnya.

Terkait dengan itu, ia juga berencana memberikan perahu dan kapal kepada Pemerintah Maluku hingga 250 unit pada 2017.

"Tapi nanti kita juga sertakan kebijakan penangkapan ikan di sejumlah daerah, dan masyarakat harus disiplin untuk membangun kedaulatan perikanan Indonesia. Kita harapkan kebijakan ini mendukung industri perikanan di Maluku dan langsung menuju ke pasar ekspor," ujar Susi.(antara)