Thursday, 20 October 2016

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca RSUD Mataram Laksanakan Program Kesehatan Keling dengan Mobil Ambulans.
Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, melaksanakan program pelayanan kesehatan keliling dengan menggunakan mobil ambulans "Mataram Medical Center".

"Pelayanan kesehatan keliling ini, kami laksanakan dengan sistem patroli pada pagi, siang dan sore terutama pada jam sekolah," kata Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram Lalu Herman Mahaputra di Mataram, Kamis.

Pelayanan kesehatan keliling tersebut sebagai upaya antisipasi apabila ada masyarakat yang tiba-tiba mengalami sakit dan membutuhkan bantuan segera ketika berada dalam perjalanan.

"Misalnya, ada warga yang mengeluh saat saat di perjalanan, atau bila ada kasus tabrakan, kami siap membantu," katanya.

Pelayanan kesehatan keliling itu diberikan secara gratis dan siapapun bisa mendapatkan pelayanan jika membutuhkan selama warga itu berada di wilayah Kota Mataram.

Mobil pelayanan kesehatan keliling itu, dilengkapi dengan satu tenaga medis, sopir, peralatan medis serta obat-obatan sesuai kebutuhan.

"Jika hari Senin-Sabtu, kami melaksanakan pelayanan keliling, pada hari Minggu kami memberikan pelayanan kesehatan gratis di Jalan Udayana atau saat kegiatan 'car free day'," sebut dr Jack, begitu Direktur RSUD Mataram itu akrab disapa.

Pelayanan kesehatan keliling itu juga sebagai bentuk komitmen pemerintah kota untuk meningkatkan dan mendekatkan pelayanan kesehatan terhadap warga kota.

"Pelayanan kesehatan keliling yang sudah berjalan hampir dua bulan ini sesuai dengan kebijakan kepala daerah yang meminta jaminan terhadap kesehatan warga kota," ujarnya.

Selain pelayanan kesehatan keliling, dalam dua minggu terakhir RSUD Kota Mataram juga telah menerapkan pelayanan baru berupa "ojek farmasi" untuk memudahkan layanan terutama bagi pasien lanjut usia (Lansia).

"Ojek farmasi adalah pelayanan pengantaran obat pasien langsung ke rumahnya tapi diprioritaskan bagi pasien Lansia dan memiliki bayi," katanya.

Pelayanan ojek farmasi merupakan salah satu bentuk peningkatan pelayanan masyarakat dalam bidang kesehatan dan meningkatkan kenyamanan pasien.
 (antara)