Friday, 3 February 2017

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Empat Pasangan PemimpinButon Selatan Adu VIsi Misi.
Empat pasangan calon bupati/wakil bupati (cabup/cawabup) Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, beradu visi misi membangun daerah melalui debat publik pemilihan kepala daerah yang digelar oleh KPU setempat di Batauga Jum'at.

Ketua KPU Buton Selatan, Muzrisal Mas'ud saat memberi sambutan pada debat publik yang dipandu Prof Dr Ir Lasara, MSi (dosen Universitas Haluoleo) mengatakan, debat publik adu visi misi pasangan cabup/cawabup tersebut merupakan salah satu rangkaian dari proses kampanye pasangan calon.

"Kami harapkan melalui debat publik ini, masyarakat Buton Selatan dapat menilai pasangan calon bupati/wakil bupati mana yang pantas memimpin Buton Selatan lima tahun ke depan," katanya.

Empat pasangan calon bupati/wakil bupati Buton Selatan yang ikut debat publik tersebut yakni pasangan H Satar/Wilson Lajaha nomor urut 1 (PAN) dan pasangan HM Faisal/Wa Ode Hasnawati nomor urut 2 (Partai Nasdem, Partai Hanura, Gerindra, PPP, PBB dan PKPI).

Selanjutnya pasangan Agus Feisal Hidayat/La Ode Arusani nomor urut 3 (PDI Perjuangan, PKS, Partai Demokrat dan Partai Demokrat dan pasangan Agus Mbaeda/La Ode Agus nomor urut 4 (jalur independen atau perseorangan).

Pada debat publik yang berlangsung selama dua jam itu, masing-masing pasangan calon bupati/wakil bupati menjanjikan akan mengelola sumber daya alam yang dimiliki Buton Selatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Insya Allah kalau masyarakat Buton Selatan memberikan amanah kepada kami, kami akan mengelola sumber daya alam, terutama sumber daya kelautan Buton Selatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Agus Feisal Hidayat saat menjawab pertanyaan dari calon bupati nomor urut 2 HM Faisal.

Sementara calon bupati nomor urut 4 Agus Mbaeda menjanjikan akan melindungi hutan jati Sampolawa dari berbagai ancaman kerusakan dan kegiatan ilegal loging yang bisa merugikan masyarakat dan pemerintah daerah.

"Kalau diberikan amanah oleh masyarakat, kami akan menyelamatkan hutan jati Sampolawa dan berbagai ancaman kerusakan sehingga sumber daya kehutanan tersebut bisa tetap lestari," katanya.

Sementara calon bupati nomor urut 1, H Satar menjanjikan penataan kota yang bisa memberi rasa nyaman bagi setiap penguni kota.

"Kami akan menata Kota Batauga menjadi lebih baik dan menempatkan tempat pembuangan sampah jauh dari kawasan kota," kata Satar saat menjawab pertanyaan dari calon bupati nomor urut 2 HM Faisal.

Sedangkan calon bupati nomor urut 2 HM Faisal menjanjikan penataan biroraksi pemerintahan yang bersih dan berwibawa sehingga penyelenggaraan pemerintahan jauh dari praktik-praktik korupsi, kolusi dan nepotisme.

"Insya Allah kalau kami mendapat kepercayaan memimpin kembali Buton Selatan, kami akan memberdayakan seluruh aparatur pemerintahan yang ada dengan menempatkan pejabat seusai dengan bidang keahlian masing-masing," kata Faisal menjawab pertanyaan calon bupati nomor urut 1, Agus Feisal  (antara)