Friday, 31 August 2018

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Victor Madur Ikuti Congko Lokap Gedang Lao Lanar di Langke Rembong.
Victor Madur Ikuti Congko Lokap Gedang Lao Lanar di Langke RembongRUTENG, LELEMUKU.COM - Wakil Bupati Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Drs. Victor Madur bersama sejumlah pimpinan perangkat daerah Kabupaten Manggarai mengikuti ritus adat Congko Lokap Gendang Lao Lanar, Kecamatan Langke Rembong pada Kamis 923/8).

Congko Lokap adalah bagian akhir (sering juga disebut bagian puncak) dari proses pembangunan rumah di Manggarai. Ritus adat ini berasal dari dua kata, congko yang berarti memungut/mengangkut dan lokap yaitu potongan kayu/kulit kayu yang merupakan sisa bahan (tidak terpakai) saat pengerjaan bangunan rumah.

Adat Congko Lokap dimaksudkan sebagai: 'membersihkan kotoran' agar rumah adat yang baru dibangun/direnovasi layak digunakan/dihuni. 'Kotoran' tidak hanya sisa bahan bangunan tetapi juga sikap dan tutur kata tak elok yang mungkin terjadi dalam proses pembangunannya.

Hewan kurban pada ritus adat ini adalah kerbau. Sebelum kerbau dikurbankan (disembelih), para tua adat akan melakukan 'lilik' dan 'renge kaba'. (HumasManggarai)