Saturday, 29 September 2018

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca 3 Gempa Magnitudo 3 SR Guncang Seram dan Buru. 3 Gempa Magnitudo 3 SR Guncang Seram dan BuruAMBON, LELEMUKU.COM - Tiga Gempa Bumi dengan magnitudo 3 skala richter (SR) melanda Pulau Seram dan Pulau Buru, Provinsi Maluku pada Jumat (28/9) Sabtu (29/9).

Gempa terkini dengan kekuatan 3.3 SR terjadi pada pukul 11.22 WIT di koordinat 3.27 lintang selatan (LS) dan 130.99 bujur timur (BT) atau 58 km arah timur Kota Bula, Ibukota Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) dengan kedalaman 21 km dari permukaan laut.

Sementara gempa sebelumnya dengan magnitudo 3.4 SR pada pukul 7:37 WIT, dengan koordinat 3.58 LS-127.55 BT atau 49 km Timur laut Kota Ambalau, Kabupaten Buru Selatan dengan kedalaman 183 km.

Sedangkan pada Jumat (28/9) pukul  20.13 WIT, gempa dengan kekuatan 3.8 SR mengguncang selatan Kota Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) atau 33 km arah Barat laut, Kota Saparua, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) dengan kedalaman 10 km.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maluku melalui Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Karangpanjang Ambon, Abraham Mustamu, ketiga gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

"Ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar lokal. Meskipun dangkal dan terjadi di laut, gempabumi ini tidak berpotensi tsunami karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami," ujar dia.

Terkait dengan peristiwa gempabumi Kairatu Dan Ambon yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 20:15 WIT belum terjadi aktivitas gempabumi susulan.

"Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG serta arahan dari BPBD. Khususnya masyarakat di pesisir pantai dihimbau agar tidak terpancing isu, karena gempabumi yang terjadi Tidak Berpotensi Tsunami," ungkap Mustamu. (Albert Batlayeri)