Wednesday, 5 September 2018

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca DPT MTB Sukses Laksanakan Program Pemanfaatan Halaman dan Pekarangan.
DPT MTB Sukses Laksanakan Program Pemanfaatan Halaman dan PekaranganSAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Suksesnya pelaksanaan Program Unggulan Pengembangan dan Pemanfaatan Halaman Dan Pekarangan oleh Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) mendapat apresiasi yang baik dari Bupati MTB Petrus Fatlolon.

Apresiasi Bupati Petrus Fatlolon tersebut terungkap saat memimpin apel gabungan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN). “pekarangan kantor haruslah kita manfaatkan semaksimal mungkin supaya bisa produktif, jangan sampai halaman kantor Dinas, Badan kita ditumbuhi rumput, mestinya kita olah supaya menjdi halaman bermanfaat bagi kita semua,” ungkap Bupati saat apel gabungan di Lapangan Upacara Dinas Ketahana Pangan Kab. MTB, Prov Maluku, Kamis (30/8/2018).

Karena itu Bupati meminta sekretaris Daerah Piterson Rangkoratat, agar memasukan kegiatan kebersihan halaman dan pekarangan untuk dilombakan dalam perayaan Hari Ulang Tahun Kabupaten Maluku Tenggara Barat 4 Oktober 2018 mendatang. “pemanfaatan halaman kantor secara produktif bisa dilombakan supaya kita terbiasa untuk memanfatkan halaman pekarangan, mulai dari toilet,” ujar Bupati.

Selain Bupati memberikan pujian karena pemanfaatan halaman dan pekarangan, Bupati juga memberikan pujian kepada Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Kepulauan Tanimbar atas kebersihan toilet dinas tersebut. “toiletnya luar biasa bersih, kita bisa ngobrol di dalam toilet, Dinas Tanman Pangan hendaknya menjadi potret yang baik untuk itu, kalau potret yang baik patut kita tiru, yang tidak baik jangan kita tiru, saya harap Dinas Badan yang lain bisa mencontohi,” lanjut Bupati.

Sementara itu Sekretaris Dinas Tanaman Pangan Jemy Watumlawar mengatakan, sebelumnya pihaknya melakukan program unggulan pengembangan kawasan pemanfataan pekarangan. “memang beberapa tahun ini sudah kita lakukan kegiatan ke desa-desa dalam bentuk bantuan pengembangan kawasan pekarangan, hanya beberapa desa terasa sulit karena bagaimana memahami konsep itu agak susah, olehnya itu kami membuat percontohan di sini, dengan harapan bahwa sebelum kegiatan dilaksanakan di setiap desa, sudah mendapat gambaran di sini, sehingga menjadi pembelajaran bagi mereka untuk mempraktekannya di desa masing-masing,” ungkap Watumlawar.

Ditambahkannya, program yang dilakukan Dinas Tanaman Pangan Kab. MTB bukan hanya terbatas pada pemanfaatan halaman pekarangan tetapi juga termasuk pengembangan kegiatan tambak ikan seperti tambak ikan lele yang sudah kami lakukan di desa Tumbur sampai desaTutukembong. “kemarin kita sudah kembangkan di Desa Meyano dan Tutukembong, jadi konsep ini tetap kita kembangkan di sana, jadi tahun ini kita ada enam kelompok antara lain, Batu Putih, Marantutul, Latdalam dan Olilit dan itu sudah kita panen,” pungkas Watumlawar. (DiskominfoMTB)