Tuesday, 4 September 2018

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Jokowi Akan Hadiri Hari Olah Raga Nasional 2018 di Ternate.
Jokowi Akan Hadiri Hari Olah Raga Nasional 2018 di TernateTERNATE, LELEMUKU.COM - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) akan membuka pelaksanaan Hari Olah Raga Nasional (Haornas) 2018  dengan mengusung tema "Ayo Olahraga Membangun Indonesia" yang dilaksanakan di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut) pada Minggu (9/8) nanti.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kota Ternate, Sukarjan Hirto, Haornas yang dipusatkan di lapangan Gelora Kieraha Kota Ternate ini juga akan dimeriahkan oleh beberapa artis nasional seperti Via Vallen, Cakra Khan dan Yopie Latul.

"Artis yang memastikan tampil dalam pelaksanaan Haornas diantaranya Via Vallen, Cakra Khan dan Yoppi Latul," kata dia kepada di Ternate pada Senin (3/9).

Dikatakan, berbagai infrastruktur telah dibenahi, terutama tempat pelaksanaan Haornas di Gelora Kieraha Ternate dan akan rampung sebelum 9 September nanti. Karena tamu dari berbagai daerah se Indonesia dan luar negeri akan hadir di Kota Ternate.

"Untuk persiapan menyambut para tamu sudah dipersiapkan lebih awal dan Ternate akan menjadi salah satu kota yang tersibuk, dikarenakan bakal banyak kedatangan tamu baik Nusantara maupun Mancanegara," ujarnya.

Hirto mengatakan, penyambutan kehadiran ribuan tamu tentunya harus disiapkan secara matang, mulai ketersediaan tempat penginapan mulai dari hotel hingga transportasi seperti bus yang disediakan bagi tamu. Kegiatan itu sendiri akan digelar pada saat pembukaan Haornas itu akan dilakukan di Stadion Gelora Kieraha.

"Acara pembukaan Haornas akan dilaksanakan di Gelora, juga ada obor Asian Para Games, Sepeda Nusantara dan pameran," ujarnya.

Sementara itu kegiatan Obor Asian Para Games dan sepeda Nusantara akan dilaksanakan di dua tempat berbeda. Obor Asian para Games dilaksanakan di Kesultanan Ternate. Berbagai acara bakal dilaksanakan di semua lintas SKPD, dan seluruh masyarakat bakal dilibatkan dalam menyambut Haornas tersebut.

"Sedangkan pameran dilaksanakan di Duaffa Center pada 9 September dan untuk acara sepeda itu nanti mulai start dari kawasan Landmark dan berakhir di objek wisata Pantai Jikomalamo," ujarnya.

Haornas diperingati setiap 9 September untuk mengenang pembukaan PON I di kota Solo yang dilaksanakan pada 9 September 1948. PON I, 9-12 September 1948 itu, diikuti 600 atlet memperebutkan 108 medali dari 9 cabang. Pesta olahraga di tengah situasi perjuangan mempertahankan kemerdekaan itu diikuti 13 kota dan karesidenan.

Sementara itu Deputi Pembudayaan Olahragam Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, Raden Isnanta mengatakan Haornas merupakan sarana guna menguatkan bahwa masyarakat itu mulai menyenangi olahraga, melakukan olahraga, secara berjenjang.

"Kalau sudah senang berolahraga, maka otomatis bibit akan mudah didapat untuk terus membangun olahraga Indonesia kedepannya. Kelanjutannya untuk mencari bibit. Jika digelarnya kompetisi berjenjang seperti Liga Sepakbola Pelajar U14 atau pun 16 Piala Menpora 2018, menjadi wahana-wahana untuk menjaring bibit potensial, karena menurutnya tak sedikit terjaring bibit-bibit muda olahraga Indonesia melalui kompetisi seperti ini," ungkap dia.

Isnanta juga mengemukakan jika di Haornas menjadi tempat apresiasi tertinggi insan sepakbola yang berprestasi baik di level nasional maupun internasional.(Tempo/Kompas)