Sunday, 23 September 2018

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Kapal Rumah Sakit AL China Berlabuh di Ibukota Venezuela. Kapal Rumah Sakit AL China Berlabuh di Venezuela
WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Sebuah kapal rumah sakit milik Angkatan Laut China telah berlabuh di dekat Ibu Kota Venezuela pada Sabtu (22/9), di tengah krisis ekonomi yang makin parah melanda negara anggota OPEC itu. Kehadiran kapal tersebut menarik perhatian Amerika Serikat dan kekuatan dunia lainnya, kantor berita Associated Press melaporkan.

Menteri Pertahanan Venezuela Vladimir Parino menyambut kedatangan kapal AL Tentara Pembebasan Rakyat itu, yang bernama “Bahtera Perdamaian.” Kapal tersebut sedang melakukan lawatan ke-11 negara yang disebut tur “Mission Harmony.”

“Beginilah kalau mau melakukan diplomasi di dunia,” kata Padrino, “dengan langkah-langkah konkret kerja sama dan tidak menghasut mereka yang menginginkan perang.”

Perhatian pada lawatan itikad baik ini semakin besar sejak Pentagon mengumumkan pada Agustus pihaknya akan mengirim kapal rumah sakit, USNS Comfort, ke Kolombia yang bertetangga dengan Venezuela, untuk memberi pengobatan medis gratis bagi ribuan pengungsi Venezuela. Mereka meninggalkan tanah air mereka akibat kekurangan pangan dan obat-obatan.

Menhan AS Jim Mattis dalam kunjungan ke Kolombia bulan lalu, menyebut pengerahkan kapal itu sebagai sebuah misi kemanusiaan untuk menanggapi akibat dari salah urus ekonomi Venezuel oleh Presiden Nicolas Maduro. PBB memperkirakan sekitar 2,3 juta warga Venezuela telah melarikan diri dari negara yang dilanda krisis dalam beberapa tahun terakhir, terutama ke Kolombia, Ekuador, Peru, dan Brasil. (VOA)