Saturday, 15 September 2018

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Ratusan Tenaga Kebersihan Terima Sapi Qurban dari Pemkot Jayapura. Ratusan Tenaga Kebersihan Terima Sapi Qurban dari Pemkot JayapuraJAYAPURA, LELEMUKU.COM –Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah tahun 2018, Ratusan tenaga kebersihan kota Jayapura terima sapi qurban dari pemerintah kota Jayapura, yang diserahkan langsung oleh Wali Kota Jayapura.

Wali Kota Jayapura Dr. Benhur Tomi Mano, MM mengatakan Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah tahun 2018 dari 10 ekor sapi qurban, satu  ekor sapi akan diberikan kepada 187 buruh kebersihan Muslim.

“Ada sekitar 787 buruh kebersihan di Kota Jayapura, 187 adalah buruh beragama Muslim dan 600 buruh beragama Kristen-Katholik, bagikanlah kurban ini kepada mereka yang berhak menerimanya dan terkhusus mereka yang terdata sebagai buruh kebersihan, jangan ada buruh liar,”katanya menyerahkan hewan kurban kepada buruh kebersihan DLHK di depan kantor Gubernur Papua, Rabu (22/8).

Ia mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh jerih payah buruh kebersihan yang bekerja dari subuh hingga malam hari.

Tidak hanya itu, Pemerintah Kota Jayapura juga memberi pengupahan bagi para tenaga buruh yang menjalankan tugasnya dengan baik dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan di kota.

Untuk itu, Wali Kota akan menindak tegas kepada buruh liar yang tidak terdata di DLHK dan buruh yang tidak bekerja secara maksimal.

“Terima kasih atas dedikasinya Kota Jayapura bisa meraih Ardipura hingga beberapa kali, saya minta DLHK untuk tegas dalam mengatur petugas kebersihan agar tidak ada petugas liar yang tidak bekerja, jangan segan segan,” katanya.

Wali Kota berharap pengupahan kepada tenaga Buruh wajib melalui rekening agar tidak ada pemalsuan tanda tangan. Sehiingga upah yang diterima tepat sasaran.

Selain itu, Wali Kota berharap peran aktif warga kota Jayapura agar dapat membantu pemerintah kota Jayapura untuk menjaga kebersihan lingkungannya, karena masih terdapat petugas kebersihan yang tidak menjalankan tugasnya dengan baik.

“Banyak sampah yang berserakan karena sejumlah petugas tidak bekerja dengan baik, sehingga masyarakat juga harus peduli untuk tidak membuang sampah di selokan, serta membakar sampah sembarangan,”harap putra negeri matahari terbit Portnumbay.

Wali Kota menegaskan petugas buruh kebersihan agar tidak membabat rumput yang ada dipinggir jalan hingga ke akarnya dan bagi oknum petugas yang tidak menjalankan tugasnya dengan rasa tanggung jawab adalah orang yang tak beriman.

“Kepada buruh kebersihan Wali Kota ingatkan untuk tidak membabat habis rumput di sepanjang jalan. Bagi oknum yang masih membiasakan diri membuang sampah sembarangan tegas Wali Kota, merupakan orang tak beriman. “Mereka yang membuang sampah sembarangan adalah orang yang tak beriman dan tak beragama,” kata putra asli kampung Tobati.

Dengan momen hari raya Idul Adha 1439 hijriyah tahun 2018 ini, ia mengharapkan dengan berqurban kita semua bisa meninggalkan sifat hewani dengan menjaga lingkungan kita agar tetap bersih dan asri.

“Meninggalkan sifat hewani melalui berkurban juga bermakna menjaga lingkungan, karena sebagai umat beragama yang memiliki akal budi memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan,”cetus anak Tabi lulusan SMP Muhammadyah Abepura.

Wali Kota meminta ke depannya seluruh proses pemotohan hewan harus melalui Rumah Potong Hewan (RPH) agar steril dan halal dan Kepada warga Kota Jayapura untuk mendukung dan membantu para buruh kebersihan dalam menjalankan tugasnya.

“Warga menjadi kunci terjaganya kebersihan dan keasrian lingkungan, petugas kebersihan yang jumlahnya terbatas membutuhkan kesadaran warga akan kepedulian lingkungan,”harapnya. (HumasKotaJayapura)