Sunday, 2 September 2018

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Raymundus Andhi Hedianto Pimpin Pemakaman Anggota Kodim Saumlaki.
Raymundus Andhi Hedianto Pimpin Pemakaman Anggota Kodim SaumlakiSAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku, AKBP Raymundus Andhi Hedianto, SIK menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada prosesi pemakaman anggota Kodim 1507 Saumlaki, Almarhum Kopral Dua (Kopda) Athanasius Saikmat, pada Sabtu (1/9).

Dalam sambutannya Kapolres Raymundus mengatakan penunjukan dirinya menggantikan Komandan Kodim (Dandim) 1507 Saumlaki Letkol Rahmad Saerodin, S.IP, yang merupakan salah satu bentuk sinergitas antara Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Tentara Negara Indonesia (TNI) dikarenakan Dandim sedang menjalankan tugas khusus dari Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto.

“Saya dipercayakan sebagai Irup atas ijin pimpinan, inilah salah satu bentuk sinergitas TNI dan Polri, dimana kami saling bergandengan tangan membangun, sehingga yang ada di Kabupaten MTB hanyalah kasih,” kata dia di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Olilit, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel).

Raymundus berharap kekompakan antara TNI dan Polri inipun bisa dicontohi oleh Pemerintah Daerah (pemda) MTB dan para masyarakat Kepulauan Tanimbar agar dapat menciptakan perubahan di Bumi Duan Lolat yang semakin baik ke depannya, yaitu untuk menyukseskan dan mengamankan jalannya roda pembangunan di MTB.

Ia juga berpesan kepada keluarga yang ditinggalkan agar mengikhlaskan kepergian Almarhum dan percayalah jika Almarhum telah diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

“Semoga keluarga diberikan suatu kekuatan, ketabahan dan keikhlasan agar Almarhum dapat diterima disisi Tuhan Yesus. Saya harapkan setelah dari pemakaman ini seluruh TNI dan Polri juga masyarakat mengikhlaskan sebab Almarhum meninggal dikarenakan sakit dan tidak ada tedensi atau faktor-faktor lain,” harap Kapolres Raymundus.

Rangkaian pemakaman jenazah Almarhum Athanasius Saikmat diawali dengan tradisi adat dan kedinasan di rumah duka di Desa Olilit, kemudian dilanjutkan dengan ibadah requitmen di Gereja Hati Kudus Yesus Olilit Barat dan selanjutnya dimakamkan di TPU Desa Olilit secara militer.

Turut hadir perwira hingga personil dari TNI dari Jajaran Kodim 1507 Saumlaki, Yonif 734 SNS Saumlaki, Personel Polres dan Brimob.

Kopda Athanasius Saikmat dengan jabatan terakhir Babinsa Ramil 1507-02 Saumlaki, dilahirkan di Saumlaki pada tanggal 11 Januari 1980. Ia merupakan anak ke 2 dari Bapak Johanis Saikmat dan Ibu Theresia Saikmat.

Saikmat menempuh pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada tahun 1999 dan Militer Secata PK pada tahun 2001. Ia juga memperoleh beberapa tanda jasa, diantaranya Satya Lencana Kesetiaan VIII Tahun, Satya Lencana Kesetiaan XVI Tahun, Satya  Lencana Dharma Nusa Tahun 2004 dan  Satya Lencana Wira Dharma Tahun 2018 serta mempunyai riwayat penugasan Operasi Nangroe Aceh Darussalam pada tahun 2004.

Ia meninggal pada tanggal 30 agustus 2018 di rumah sakit tingkat II Prof. Dr. J. A. Latumeten Ambon karena sakit Jantung dan Paru-Paru dengan meninggalkan seorang istri dan 2 orang anak.  (Laura Sobuber)