Wednesday, 12 September 2018

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca RSUD dr. Ben Mboi Ruteng Siap Layani Pasien Cuci Darah.
RSUD dr. Ben Mboi Ruteng Siap Layani Pasien Cuci DarahRUTENG, LELEMUKU.COM - BLUD RSUD dr. Ben Mboi kini telah memiliki empat mesin hemodialisa dan jumlah mesin cuci darah tersebut akan bertambah dalam waktu dekat. Hal itu disampaikan oleh Direktur BLUD RSUD dr. Ben Mboi, dr. Elisabeth F. Adur dalam laporannya pada peresmian Unit Hemodialisis atau unit layanan cuci darah di RSUD Ruteng pada Senin (3/9). 

"Jadi, kalau ada pasien yang mau cuci darah sudah tidak kesulitan lagi. Selama ini, selalu ke RS Siloam di Labuan Bajo dan Denpasar. Sekarang RSUD Ruteng sudah ada alat cuci darah sehingga bisa membantu pasien cuci darah," paparnya.

Dijelaskannya juga bahwa kebutuhan unit cuci darah di RSUD Ruteng ini tersedia atas kerja sama Pemerintah Kabupaten Manggarai melalui BLUD RSUD dr. Ben Mboi dengan PT. Masa Cipta Husada. Menurut Dokter Ida, demikian Direktur RSUD dr. Ben Mboi ini biasa disapa, Unit Hemodialisis ini siap melayani pasien rawat jalan dan rawat inap, baik pasien umum maupun pasien BPJS.

Direktur PT. Masa Cipta Husada, Andreas Japar yang hadir dalam peresmian tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai yang telah memungkinkan kerja sama ini terjalin. 

"Kami sudah bekerja sama dengan sangat banyak rumah sakit dan RSUD Ruteng menjadi salah satu mitra kami. Tujuan utama kita adalah membantu pasien-pasien yang membutuhkan layanan cuci darah, agar lebih dekat sehingga risiko biayanya tidak terlalu besar," jelas Andreas.

Sementara itu, Bupati Manggarai Dr. Deno Kamelus, SH, MH dalam sambutannya mengingatkan pentingnya peningkatan kualitas pelayanan agar kehadiran unit layanan baru dapat berkontribusi nyata bagi terwujudnya misi kesehatan di Kabupaten Manggarai. 

"Ada garis komando, konsultasi, dan koordinasi dalam kerja-kerja pelayanan publik. Jika hal tersebut diperhatikan dengan baik maka kualitas pelayanan publik kita pasti akan berjalan dengan baik," tuturnya.

Ditambahkannya, kehadiran unit cuci darah atau hemodialisis di RSUD Ruteng terwujud atas kerja sama dengan pihak ketiga yakni PT. Masa Cipta Husada. 

"Atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Manggarai, saya menyampaikan terima kasih kepada Pak Andreas dan timnya. Sementara itu, ke depan, jika ada pihak lain yang dapat menjadi penyedia untuk unit layanan lainnya, Rumah Sakit Ruteng siap bekerja sama. Yang ingin kita capai adalah agar seluruh kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Manggarai dapat diperoleh di RSUD Ruteng," paparnya.

Untuk diketahui, Unit Hemodialisis atau Unit Cuci Darah RSUD dr. Ben Mboi memiliki tim hemodialisis yang terdiri dari 1 orang dokter Spesialis Penyakit bersertifikat HD, 1 orang dokter Umum Pelaksana bersertifikat HD, sejumlah perawat mahir yang juga mengantongi sertifikat yang sama, tenaga administrasi/logistik dan teknisi serta tenaga pendukung lainnya yang mampu melaksanakan pelayanan yang berkualitas. (HumasProManggarai)