Monday, 3 September 2018

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Snap Mor di Samber Ajak Masyarakat Bersyukur Diberikan Berkat Tuhan.
Snap Mor di Samber Ajak Masyarakat Bersyukur Diberikan Berkat TuhanBIAK, LELEMUKU.COM - Snap Mor menjadi salah satu kegiatan yang ditampilkan di Festival Biak Munara Wampasi (BMW) 2018 yang digelar Kamis kemarin (23/8) di Pantai Samber-Binyeri, Distrik Yendidori, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua.

Salah satu budayawan Biak, Mikha Ronsumbre yang dipercayakan memberikan pencerahan terkait Festival Biak Munara Wampasi (FBMW) dan seluruh kegiatan yang dianggap sangat berpengaruh dalam mendatangkan para wisatawan ke Biak salah satunya Snap Mor.

"Atas nama seluruh masyarakat kebudayaan budaya Biak kami berterimakasih pada Ya'Tuhan, juga kepada Pemerintah, untuk itu sebagai keutuhan masyarakat kebudayaan Biak dan sebagai masyarakat pariwisata kepariwisataan Biak hanya satu hal yang ingin kami janjikan kepada Tuhan, Biarlah kami tetap jaga solidaritas, toleransi dan bersama-sama membangun, menjalankan himmat dan karunia yang Tuhan berikan kepada kami" kata Mikha dengan tegas.

Prosesi snap mor diawali dengan pengguntingan pita oleh Plt Bupati Biak Numfor Herry Naap dan berlanjut dengan aksi menangkap ikan yang tidak berlangsung lama akibat hujan yang cukup deras serta air pasang.

Hasil tangkap sebagian langsung dibakar dan dinikmati bersama-sama dan oleh wisatawan dianggap hal yang unuk dengan cita rasa ikan yang gurih serta keramahan dari masyarakat Biak Numfor khususnya yang ada di Samber dan Binyeri.

Seperti biasa tarian Yosim Pancar tetap dilakukan seraya diikuti semua orang tanpa terkecuali para wisatawan mancanegara dengan iringan lagu dari Trio Papua. (HumasBiak)