Monday, 1 October 2018

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca KPPN Saumlaki Gelar Lomba Cerdas Cermat Bagi Siswa-Siswa di Tanimbar. KPPN Saumlaki Gelar Lomba Cerdas Cermat Bagi Siswa-Siswa di Tanimbar
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kantor Pelayanan Perbendahayaan Negara (KPPN) Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara (MTB), Provinsi Maluku menggelar lomba cerdas cermat dalam rangka merayakan Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2018 di Aula KPPN Saumlaki pada Sabtu (29/9).

Ketua panitia pelaksana kegiatan tersebut, Saiful yang juga selaku Kepala Sub Bagian (Kasubag) Umum KPPN Saumlaki mengatakan tujuan lomba tersebut adalah untuk mempromosikan tugas serta visi misi dari  KPPN Saumlaki, yang merupakan salah satu Kantor Kementerian Keuangan di daerah yang bertugas untuk membantu Pemerintah Daerah (Pemda) MTB dan Pemda Maluku Barat Daya (MBD) dalam proses percepatan penyaluran dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di daerah.

Sasaran dari kegiatan ini sendiri adalah kepada para siswa-siswi dari sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel). Dengan harapan melalui sekolah-sekolah tersebut dapat menjadi corong informasi ke masyarakat yang lebih luas lagi tentang peran aktif dari KPPN Saumlaki dalam menstimulasi pembangunan di daerah.

“Lomba ini merupakan rangkaian dari hari bakti perbendaharaan tahun 2018. Di tahun ini hari bakti perbendaharaan sendiri dilaksanakan di sepanjang tahun, maka itu ada beberapa kegiatan yang kami sudah laksanakan, salah satunya cerdas cermat ini,” kata dia kepada Lelemuku.com.

KPPN Saumlaki Gelar Lomba Cerdas Cermat Bagi Siswa-Siswa di TanimbarSaiful mengaku jika lomba cerdas cermat ini untuk pertama kalinya baru dilaksanakan pihaknya dengan cara secara acak langsung memilih dan mengundang 4 perwakilan dari SMA dan SMK di Kota Saumlaki, yang dianggap bisa mewakili sekolah sederajat di Kepulauan Tanimbar, diantaranya SMA Negeri 1 Tansel, SMA Negeri Unggulan Saumlaki, SMA Kristen Saumlaki dan SMK Negeri 2 Tansel.

Kemudian dari Pihak KPPN Saumlaki sendirilah yang membuat modul materi pembelajaran yang berisi tentang semua literasi tentang Kementerian Keuangan, mulai dari sejarah hingga pada tugas Kementerian Keuangan secara keseluruhan.

“Modul itu disusun oleh panitia yang menjelaskan seluruhnya sampai dengan tugas Kementerian Keuangan dari pusat hingga ke daerah. Waktu yang kami berikan untuk persiapan sekitar satu bulan, yaitu dari awal bulan September hingga kami laksanakan di akhir bulan ini. Jadi mereka ada rentan waktu selama satu bulan untuk mempelajarinya,” akunya.

Saiful menjelaskan prosedur dalam lomba ini sendiri terdiri dari tiga babak yaitu babak soal wajib, babak soal lemparan dan babak soal rebutan. Babak pertama, setiap regu diberikan soal masing-masing sebanyak 10 soal, kemudian babak kedua dalam soal lemparan juga disediakan 10 soal, jika tidak bisa menjawab akan dilempar kepada group lain dan yang terakhir adalah soal rebutan dimana disediakan 15 soal untuk group yang lebih dahulu menjawab.

KPPN Saumlaki Gelar Lomba Cerdas Cermat Bagi Siswa-Siswa di Tanimbar“Ada tiga babak, yaitu babak soal wajib, soal lemparan dan rebutan,” jelas dia.

Juara pertama diraih oleh SMA Negeri 1 Tansel dengan jumlah nilai 2.700, diikuti juara kedua dari SMA Unggulan Saumlaki dengan perolehan nilai 1.200 dan juara tiga dari SMK Negeri 2 Tansel dengan jumlah nilai 550, sedangkan diposisi keempat ada SMA Kristen dengan perolehan nilai 250.

Juri dari lomba ini adalah Kepala Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Saumlaki, Kukuh Hanna Prapanca dan Kasubag Umum KPPN Saumlaki, Saiful. Kegiatan tersebut berjalan lancar dan sangat meriah dengan para pendukung dari masing-masing sekolah yang sangat sportif dan teratur.  (Laura Sobuber)