Tuesday, 23 October 2018

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Lukas Enembe dan Klemen Tinal Lepas Tim ke Palu dan Donggala. Lukas Enembe dan Klemen Tinal Lepas Tim ke Palu dan DonggalaJAYAPURA, LELEMUKU.COM - Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH dan Wakil Gubernur, Klemen Tinal secara resmi melepas tim dari Pemprov Papua untuk memberikan bantuan kepada korban Gempa dan Tsunami di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Kamis (18/10) di Gedung Negara.

Gubernur Papua, Lukas Enembe kepada wartawan usai melepas tim mengungkapkan, tim yang akan memberikan bantuan tersebut di koordinir oleh Asisten Bidang Pemerintah Sekda Papua, Doren Wakerkwa,SH akan berangkat ke Palu pada hari Minggu, (21/10).

“Hari ini saya secara resmi melepas tim yang akan berangkat ke Palu untuk memberikan bantuan,” kata Lukas Enembe.

Dijelaskannya, total bantuan yang akan diserahkan sebesar Rp.4.2 miliar.

Bantuan tersebut sebagai respon kemanusian atau donasi kepedulian dari seluruh kabupaten/kota Se- Provinsi Papua.

“Intinya hari ini kita sudah sampaikan kepada Presiden, bahwa kami Pemerintah Provinsi Papua sudah memberikan bantuan kepada korban gempa dan tsunami di Palu,” jelasnya.

Dirinya berharap masyarakat dan korban gempa dan tsunami cepat dipulihkan kembali dengan harapan infrastruktur yang rusak dapat dikerjakan oleh pemerintah.

“Kita berharap Palu dan Donggal kembali dipulihkan agar dapat kembali melaksanakan pemerintahan dan kemasyarakat seperti biasa,” terangnya.

Tak lupa, Gubernur Lukas Enembe belasungkawa atas terjadinya gempa dan tsunami di Palu dan Donggal, dengan harapan Pemerintah Sulawesi Tengah dan pemerintah pusat mampu menyelesaikan persoalan yang terjadi.

“Persoalan gempa ini merupakan persoalan yang rumit di Indonesia, dimana di Indonesia termasuk daerah rawan gempa, namun kapan akan terjadi kita tetap waspada. Kedepan akan dipikirkan bagaimana penanganan kesiagaan,” ucap Lukas Enembe.

Ditempat yang sama Kepala BPBD Papua, William R. Anderi mengaku, tim yang dilepas Gubernur untuk memberikan bantuan berjumlah 6 orang yang akan di koordinir oleh Asisten Bidang Pemerintahan Sekda Papua Doren Wakerkwa,SH.

“Kita sampai disana (Palu-red) untuk memberikan bantuan tunai dan juga bantuan logistic,” katanya.

Dikatakannya, sebelumnya pada tanggal 11 Oktober 2018 lalu pemerintah sudah sudah dilepas tim relawan dan kesehatan sebanyak 14 orang mereka yang sudah bekerja di Palu.

“Ini satu bukti kepedulian Pemerintah Provinsi Papua. Pak Gubernur menyampaikan kepada Bupati dan Wali Kota agar memberikan donasi bantuan kepada korban gempa dan tsunami di Palu,” katanya menambahkan.

Sampai saat ini sekitar 16 kabupaten termasuk provinsi telah menyerahkan bantuan dengan total bantuan Rp. 4,2 miliar, dimana bantuan ini ini akan diberikan langsung kepada Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah.

“Rencana keberangkatan hari Sabtu dan Minggu, sebab hari Senin kita sudah memberikan bantuan secara tunai yang akan diberikan kepada Gubernur Sulawesi Tengah,” tandasnya. (DiskominfoPapua)