Saturday, 10 November 2018

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Aloysius Giay Nilai Kondisi Papua Aman Bagi Tenaga Medis. Aloysius Giay Nilai Kondisi Papua Aman Bagi Tenaga Medis
JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Alysius Giay memastikan kondisi bumi cenderawasih, sangat aman bagi pelayanan tenaga medis.

Oleh karena itu, para tenaga medis yang hendak diturunkan ke pelosok-pelosok, agar tak perlu khawatir dengan pemberitaan ancaman atau gangguan keamanan dari kelompok tertentu.

“Sepanjang sejarah dan setahu saya sampai saat ini tak ada sesuatu ancaman kepada petugas kesehatan”.

“Sebaliknya, kami mendengar bahwa kisah tim Satuan Tugas Kaki Telanjang (Satgas Kijang) saat selesai masa tugas dan perpisahan, masyarakat setempat menangis. Sebab sepanjang hidup mereka baru merasakan seperti apa itu pelayanan kesehatan,” terang dia.

Aloysius mengaku baru-baru ini melepas tenaga kesehatan tim Flying Health Care (FHC) ke Kabupaten Yahukimo. Sebanyak 20 tenaga kesehatan yang diturunkan itu, meliputi 11 dokter, perawat, bidan, kesehatan lingkungan, gizi,  analis kesehatan dan entomolog kesehatan.

Pengiriman tersebut, sebagai upaya dari Dinas Kesehatan Papua yang dipimpinnya bersama Kementerian Kesehatan untuk menjangkau pelayanan kesehatan ke wilayah terpencil di seluruh Papua.

“Sebab selain program layanan FHC, kami sebelumnya sudah buat program layanan Satuan Tugas Kaki Telanjang dan Tim Nusantara Sehat”.

“Namun program layanan FHC ini untuk wilayah yang hanya bisa dijangkau dengan pesawat Kementerian Kesehatan melalui Dirjen P2P. Artinya pelayanan kesehatan bergerak ini merupakan keberpihakan Dinkes dan Kemenkes,” katanya.

Diketahui, Flying FHC merupakan pelayanan kesehatan bergerak yang dibentuk oleh Kementerian Kesehatan RI untuk memperkuat pelayanan kesehatan di wilayah terpencil seperti Papua.

Tim FHC Yahukimo akan berangkat dalam dua gelombang yakni gelombang pertama 5-20 Nevember 2018 dan gelombang kedua pada 18 November-4 Desember 2018. FHC akan fokus pada pelayanan kesehatan masyarakat di Yahukimo dengan perhatian khusus pada penyakit malaria, TBC, masalah gizi dan cakupan imunisasi. (DiskominfoPapua)