Thursday, 8 November 2018

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Kepulauan Tanimbar Suguhkan Warisan Budaya yang Melimpah. Kepulauan Tanimbar Suguhkan Warisan Budaya yang Melimpah
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku dianugerahi dengan Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah dan kekayaan budaya warisan para leluhur yang masih terpelihara hingga saat ini.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) MTB, Piterson Rangkoratat, SH keunikan yang terdapat pada berbagai produk budaya Tanimbar, diantaranya produk-produk kerajinan seperti tenun ikat, anyaman, gerabah, ukiran patung, souvenir serta produk olahan kuliner tradisional telah menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan domestik maupun manca negara.

“Keunikan itu menjadi penarik yang memungkinkan para wisatawan datang ke Tanimbar,” ujar dia saat membacakan sambutan Bupati Petrus Fatlolon, SH., MH dalam kegiatan Pelatihan Pengantar Kepariwisataan dan Keramah-tamahan kerjasama Pemda bersama Pusat Studi Pariwisata Universitas Gadjah Mada (UGM) dan PT. Shell Indonesia di Aula Lantai IV Kantor Bupati MTB pada Selasa (6/11).

Rangkoratat pun mengaku demi memberikan pelayanan yang terbaik kepada para wisatawan dalam dua tahun terakhir Pemda MTB sudah mulai membenahi dan membangun destinasi-destinasi pariwisata dibeberapa wilayah strategis, jasa-jasa usaha pariwisata dan mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) kreatif dalam pengelolaan potensi SDA serta daya tarik wisata di Bumi Duan Lolat tersebut.

“Untuk mencapai target itu banyak yang harus dilakukan, tidak hanya dengan melakukan promosi secara besar-besaran atau menyediakan produk yang diinginkan pengunjung tetapi juga harus meyiapkan sumber daya manusia  pariwisata yang terampil dan menjamin tersedianya prasarana dan sarana pariwisata yang memadai,” akunya. (Laura Sobuber)