Sunday, 11 November 2018

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Pemkab MTB Gelar Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-54. Pemkab MTB Gelar Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-54
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku menggelar acara pembukaan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tanggal 12 November 2018 pada Jumat (9/11).

Rangkaian kegiatan tersebut diawali dengan jalan santai bersama yang dipimpin oleh Bupati MTB Petrus Fatlolon, SH., MH bersama seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Tokoh Agama, Tokoh MasyarakatSeluruh Pekerja Kesehatan di Kepulauan Tanimbar dengan rute dari Pelabuhan Kapal Feri hingga Halaman Kantor Bupati MTB, kemudian senam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Gemas) bersama-sama, Pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil serta pelepasan balon HKN-54.

Dilanjutkan dengan deklarasi komitmen bersama yang dipimpin oleh Bupati Fatlolon , yaitu Tanimbar tolak obat, kosmetik dan obat tradisional illegal dan Tanimbar Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Selepas itu penandatangan deklarasi yang diawali oleh Bupati Fatlolon, Forkopimdan dan diikuti oleh seluruh hadirin.

Dalam arahannya, Fatlolon mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Petugas kesehatan dan seluruh masyarakat Bumi Duan Lolat untuk menjadi pelopor pembangunan di bidang kesehatan dengan sadar kesehatan atau bidup sehat dimulai dari diri sendiri.

“Jadilah pelopor-pelopor kesehatan mulai dari diri kita sendiri, keluarga, lingkungan, desa, kecamatan hingga pada kabupaten yang kita cintai ini,” ajak dia.

Pemkab MTB Gelar Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-54Fatlolon mengungkapkan demi mengubah perilaku sadar kesehatan dari masyarakat Tanimbar, maka pada tahun 2019 pihaknya  akan menganggarkan dana khusus untuk menyediakan jamban bagi setiap rumah agar mendorong masyarakat untuk tidak lagi BABS di pinggiran pantai atau di tempat-tempat yang tidak patut.

Ia pun mengimbau kepada seluruh masyarakat Bumi Duan Lolat untuk menolak produk-produk illegal dengan cara memastikan terlebih dahulu tanggal kadaluarsa dari suatu barang yang ingin dibeli agar tidak mendapat kerugian dikemudian hari.

“Sebelum berbelanja harap perhatikan terlebih dahulu, membaca dan meneliti secara seksama label dari tiap-tiap barang supaya jangan sampai kita membeli sebuah produk yang sudah kadaluarsa atau illegal. Ini penting, supaya jangan masayarakat dirugikan,” imbau  Fatlolon.

Kegiatan yang berlangsung dengan Tema ‘Aku Cinta Sehat’ dan Sub Tema ‘Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita’ itu sejalan dengan Program Indonesia Sehat dan Tanimbar Sehat melalui Pendekatan Keluarga yang mengajak seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Momentum HKN ke-54 itu sebagai pengingat publik bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa, masyarakat, organisasi kemayarakatan, swasta berperan serta dalam upaya kesehatan dengan lebih memprioritaskan promotive-preventif dan semakin menggalakkan serta melembagakan Germas tanpa mengabaikan kuratif rehabilitative. (Laura Sobuber)