Friday, 15 March 2019

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Pecinta Persipasi Cintai Sate Kikil di Stadion Patriot Candrabhaga. Pecinta Persipasi Cintai Sate Kikil di Stadion Patriot CandrabhagaBEKASI, LELEMUKU.COM - Bagi pencinta sepak bola di Bekasi, tentu tak asing dengan kuliner satu ini. Dipanggul oleh pedagang asongan, makanan tersebut paling digemari ketika ada pertandingan sepak bola di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Ya, kuliner itu adalah sate kikil. Salah satu pedagangnya bernama Edi. Pria berusia 41 tahun itu sejak tahun 1994 berjualan sate yang berbahan dasar kulit sapi.

Sajian tambahannya adalah lontong dan jengkol. Bumbunya menggunakan saus kacang dilengkapi dengan kecap manis.

"Sampai bosen pokoknya jualan sate kikil," ucap Edi, Kamis (14/3/2019).

Sate kikil mulai dikenal pecinta sepak bola Bekasi sejak kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia pada 2008 lalu.

Persipasi Bekasi merupakan salah satu kontestannya. Mereka bermarkas di Stadion Patriot sebelum dipugar pada 2011 silam.

"Kalau ada pertandingan bola, bikinnya bisa sampai 15 kilogram kikil," ujar Edi yang berasal dari Cirebon, Jawa Tengah.

Tak hanya pertandingan saja, ketika Persipasi Bekasi masih eksis bermarkas di stadion yang dibangun sejak tahun 1980, Edi menjadi langganan para official selepas latihan sore, termasuk para pendukung Persipasi. Dulu satu porsi paling mahal Rp 5.000.

Edi kembali tersenyum ketika Stadion Patriot rampung dipugar. Diresmikan 2014 silam, stadion kembali dipakai untuk pertandingan sepak bola. Omzetnya pun kembali melejit setiap ada pertandingan termasuk Piala Presiden 2019 tahun ini yang menggunakan stadion tersebut.

"Omzet Rp 1 juta dapat, kalau keuntungan ada lah, he-he-he," ujarnya sambil tersenyum. (PSSI)