Sunday, 7 July 2019

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Jokowi Berduka Atas Wafatnya Sutopo Purwo Nugroho di China. Jokowi Berduka Atas Wafatnya Sutopo Purwo Nugroho di ChinaJAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan ucapan duka cita atas wafatnya Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Dr. Sutopo Purwo Nugroho, APU di Guangzhou, Provinsi Guangdong, China.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Kita kehilangan seorang yang hidupnya didedikasikan untuk orang banyak. Sebagaimana yang pernah ia sampaikan: 'Hidup itu bukan soal panjang pendeknya usia, tapi seberapa besar kita dapat membantu orang lain.' Selamat jalan Pak @Sutopo_PN," ujar Presiden Jokowi dalam akun twitternya @Jokowi pada Minggu (07/07/2019).

Sebelumnya diberitakan, kabar meninggalnya Sutopo pertama kali disampaikan oleh  akun twitter Direktorat Pengurangan Risiko Bencana (PRB) BNPB  pada Minggu (07/07/2019).

"Telah meninggal dunia Bapak @Sutopo_PN , Minggu, 07 July 2019, sekitar pukul 02.00 waktu Guangzhou/pukul 01.00 WIB. Mohon doanya untuk beliau," tulis Direktorat PRB.

Pria kelahiran Boyolali, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) pada 7 Oktober 1969 silam itu wafat pada pukul 02.00 waktu setempat setelah berjuang melawan kanker yang menggerogoti kesehatan tubuhnya. Perjuangannya ini dimulai setelah dirinya diagniosa dokter pada Desember 2017.

Kabar meninggalnya Sutopo juga disampaikan sang putra melalui Instagramnya. Putra Sutopo, Muhammad Ivanka Rizaldy memohon doa untuk sang ayah.

"Innalilahi wainna ilahiroji'un. Semua yang bernyawa hanyalah titipan dari Allah Yang Maha Kuasa. Malam ini telah berpulang ke Rahmatullah seorang pahlawan dan ayahanda tercinta saya, Sutopo Purwo Nugroho saat menjalani pengobatan di Guangzhou, Cina," tulis Ivanka.

Ia juga meminta doa dari semua pihak agar almarhum dapat berisitirahat dengan tenang.

"Bagi semua sahabat dan keluarga mohon sebesar-besarnya untuk memaafkan semua kesalahan Pak Sutopo sengaja maupun tidak sengaja. Mari mendoakan Almarhum Pak Sutopo agar selalu diterima disisi Nya dan diterima amal ibadahnya. Aamiin. Terimakasih atas semua yang kau berikan Pah, aku kan selalu mendoakan mu," lanjutnya.

Pria yang bersemangat dalam tugasnya mengawal kejadian bencana di Indonesia itu sebelumnya bertolak ke Guangzhou untuk pengobatan kanker paru-paru.

Dalam sebuah kesempatan, penggemar penyanyi Raisa ini mengaku kaget atas penyakitnya tersebut. Apalagi selama ini ia tidak merokok dan selalu mengonsumsi makanan sehat.

Namun, ia menerima penyakit tersebut dan menganggapnya sebagai garis hidup yang memang harus dijalaninya. Dia pun terus menjalani aktivitasnya seperti biasa, termasuk dalam pekerjaan sebagai Kepala Pusdatin Humas BNPB.

Menuju ke China, Sutopo mengatakan bahwa kankernya sudah menyebar. Untuk itu ia meminta doa dan restu dari para netizen menjalani satu bulan pengobatan di Guangzhou.

"Hari ini saya ke Guangzho untuk berobat dari kanker paru yang telah menyebar di bsnyak tulang dan organ tubuh lali. Kondisinya sangat menyakitkan sekali," kata Sutopo saat mengunggah video pada Sabtu (15/06/2019) yang menunjukkan dirinya sedang berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.(Albert Batlayeri)