Thursday, 10 October 2019

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca BMKG Saumlaki Tanggapi Isu dan Prediksi Gempa dan Tsunami di Selaru. BMKG Saumlaki Tanggapi Isu dan Prediksi Gempa dan Tsunami di SelaruSAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Saumlaki melalui Kepala Stasiun Geofisika Saumlaki, George F. A. Mabuay S.Si., M.Sc menyatakan informasi terkait prediksi gempa bumi di Tanimbar yang akan terjadi hingga 10 Oktober 2019 nanti tidak memiliki dasar.

“Perlu diketahui oleh kita bersama bahwa untuk saat ini BMKG hanya mengeluarkan informasi mengenai kejadian gempa bumi yang telah terjadi, Bukan prediksi gempabumi. Dan jika ada potensi tsunami setelah terjadi gempa bumi, maka BMKG akan memberikan informasi, warning dan peringatan potensi tsunami tersebut,” jawab dia pada Sabtu (28/09/2019)

Ia juga mengajak warga Tanimbar, terutama di Kota Saumlaki agar selalu waspada dengan segala informasi yang diterima. Selalu menyaring tiap kabar yang ada sehingga dapat diketahui kebenarannya.

“Saya mengharapkan jika ada informasi terkait prediksi akan terjadi gempa bumi besar. Saya harapkan bapak dan ibu dapat langsung melakukan konfirmasi kepada BMKG dan BPBD Kabupaten Kepulauan Tanimbar.. Karena kami akan selalu melakukan berkoordinasi untuk memberikan informasi yang benar terkait informasi gempabumi dan tsunami,” tutup dia.

Hal ini merupakan jawaban dari informasi yang beredar terkait adanya dugaan terjadinya gempa bumi oleh salah seorang warga Tanimbar. Warga tersebut mengklaim keluarganya di Australia telah memperingatkan untuk berjaga-jaga sebab diprediksi akan terjadi gempa yang berasal dari lempengan negara Australia.

Gempa ini menurut warga tersebut akan berpengaruh ke Kepulauan Tanimbar dan sekitarnya. Terutama akan akan berdampak sangat parah di Pulau Selaru. (Albert Batlayeri)