Wednesday, 9 October 2019

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Pengukuhan dan Apresiasi Bunda PAUD se-Kepulauan Tanimbar Tahun 2019. Pengukuhan dan Apresiasi Bunda PAUD se-Kepulauan Tanimbar Tahun 2019SAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispenbud) Kabupaten Kepulauan Tanimbar,Provinsi Maluku, menggelar acara pengukuhan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Tanimbar dan lomba apresiasi bunda PAUD Tahun 2019 pada Selasa (01/10/2019).

Dalam sambutannya, Bunda PAUD Tanimbar, Joice M. Fatlolon Pentury, SP mengatakan bahwa PAUD memiliki peran yang strategis dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) Indonesia, secara khusus di Bumi Duan Lolat dan sebagai wadah untuk memaksimalkan pencapaian tumbuh kembang anak, sehingga menjadi modal pembangunan berdaya saing tinggi.

Ia berharap kepada seluruh Bunda PAUD agar mampu aktif terlibat dalam mendorong dan mengembangkan layanan PAUD yang terintegrasi dan melibatkan seluruh unsur stakeholder di kecamatan masing-masing yang sesuai dengan visi dan misi  Bupati Tanimbar, Petrus Fatlolon, SH., MH dan Wakil Bupati (Wabup), Agustinus Utuwaly, S.Sos, yaitu mewujudkan masyarakat Kepulauan Tanimbar yang sehat, cerdas, berwibawa dan mandiri.

“Saya ucapkan apresiasi atas jasa dan pengabdian ibu-ibu dalam mengembangkan PAUD yang berkualitas dan unggul. Ayo saatnya kita bergandeng tangan dalam menyiapkan program layanan PAUD yang unggul dan kreatif menuju Tanimbar yang cerdas,” harapnya di Gedung Kesenian Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel).

Kemudian, Bupati Fatlolon pun mengucapkan selamat menjalankan tugas yang mulia itu kepada kesembilan bunda PAUD tersebut dan berjanji bahwa pihaknya akan selalu mendukung semua program yang dijalankan demi untuk mencerdaskan generasi emas Tanimbar.

“Tugas ibu-ibu memang berat karena sesungguhnya masa depan kabupaten ini ada di bunda PAUD sekalian, maju terus dan pantang mundur. Kami akan selalu dukung program PAUD dari ujung Selaru hingga ujung Molu Maru,” tutup dia. 

Selepas pengukuhan kesembilan bunda PAUD Kecamatan, acara berlanjut dengan lomba apresiasi bunda PAUD Kepulauan Tanimbar yang diikuti oleh seluruh bunda PAUD Kecamatan, diantaranya Ny. Andjela Emanrati sebagai Bunda PAUD Kecamatan Selaru, Ny. Joice Sainuka sebagai Bunda PAUD Bunda PAUD Kecamatan Wuarlabobar, Ny. H. Laisina sebagai Bunda PAUD Kecamatan Wermaktian, Ny. Bibiana Fenanlampir sebagai Bunda PAUD Kecamatan Wertamrian.

Selanjutnya, Ny. Elisabeth Serang sebagai Bunda PAUD Kecamatan Fordata, Ny. Fely Sabono sebagai Bunda PAUD Kecamatan Nirunmas, Ny. S. Lambiombir sebagai Bunda PAUD Kecamatan Kormomolin, Ny. Maria Desa sebagai Bunda PAUD Kecamatan Molu Maru dan Ny. Welma R. Sabono sebagai Bunda PAUD Kecamatan Tanimbar Utara (Tanut).

Menurut Kadispendikbud, Drs. Herman Yoseph Lerebulan lomba itu dilakukan untuk memberi apresiasi kepada seluruh bunda PAUD se-Tanimbar.

“Rata-rata saya lihat dari program ibu-ibu sudah bagus, banyak pelajaran yang menjadi masukan buat kami dan akan didiskusikan lebih banyak lagi. Hal-hal yang menyangkut anak-anak kita ini bukan saja tugas Dispenbud tetapi tugas kita semua. Sejak anak mulai lahir kita harus praktekkan tiga hal pokok, yaitu menanam, membaca dan menabung untuk menciptakan karakter anak yang baik,” papar dia. (Laura Sobuber)