Wednesday, 25 March 2020

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Petrus fatlolon Sidak Posko Penanggulangan Covid-19 di Tanimbar.

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Bupati Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Petrus Fatlolon, SH., MH melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Posko penanggulangan penyebaran Pandemic Virus Corona atau Novel Coronavirus (Covid-19) yang berlokasi di halaman Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) pada Selasa (24/03/2020).

Dalam kunjungan tersebut Fatlolon mengecek kesiapan dari tim Pencegahan Covid-19 yang terdiri dari Dinkes, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. P. P. Margretty dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Fatlolon terlihat mengecek Standar Operasional Prosedur (SOP) penanganan pasien, perlengkapan dan kebutuhan dari posko yang dinilainya kurang maksimal.

Ia pun menyarankan untuk tim menyiapkan wastafel atau bak cuci tangan untuk umum, brosur tentang pengenalan Covid-19 dan imbauan sebagai sarana sosialisasi ke masyarakat yang ingin mendapat informasi lebih.

“Harus ada cadangan dana untuk hal tak terduga seperti kalau ada orang sakit misalnya yang diharuskan untuk mengirim sampelnya ke lab, jangan semua habis untuk belanja peralatan. Presentase penggunaan harus diatur sekian persen untuk operasional, peralatan dan cadangan jika sewaktu-waktu mau kirim sampel pasien kan pasti butuh pesawat dan lain-lain,” saran dia saat melihat rincian kebutuhan dari tim itu.

Posko tersebut baru saja didirikan, walau Bupati Fatlolon telah menginstruksikan pembentukan Tim Pencegahan Covid-19 dan posko yang bertugas untuk menindaklanjuti laporan dari Bandara dan Pelabuhan dalam rapat koordinasi (Rakor) Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 bersama TNI-Polri, Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Kerja (SKPD), Instansi Vertikal, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat pada Senin (16/03/2020) lalu serta hingga saat ini di Tanimbar terdapat 26 ODP (Orang Dalam Pemantauan) yang disarankan untuk karantina mandiri di rumah. (Laura Sobuber)