Thursday, 9 April 2020

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Rosita Alkatiri Nyatakan Pasien 01 di Maluku Utara Sembuh.

TERNATE, LELEMUKU.COM –Tim Gugus Tugas penangangan Covid-19 Malut, secara resmi mengumumkan Pasien 01 telah sembuh setelah hasil yang keluar kedua kalinya dinyatakan negatif. Hal ini disampaikan langsung oleh jubir Covid-19 Malut dr. Rosita Alkatiri disaat conference Pers kamis (8/4/20) bertempat Sahid Bela Hotel.

Dikatakan Rosita, sampai dengan hari ini jumlah kasus terkonfirmasi postitif Covid-19 dua orang setelah adanya hasil pemeriksaan laboratorium kasus baru ini kami sebut sebagai kasus 02.

Menurutnya, pasien 02 sebenarnya terjadi melalui penularan transmisi dari pasien 01 dan akan dilakukan penyelidikan epidemiologi lebih lanjut untuk disampaikan melalui laporan pada besok hari.

“untuk hasil laboratorium 01, alhamdulilah tadi pagi baru kita terima hasil laboratorium dengan menunjukan hasil negatif yang kedua kali,” Ungkapnya.

Ia menjelaskan, apabila status terkonfirmasi Covid positif dikatakan sembuh apabila hasil laboratoriumnya sudah menunjukan hasil negatif sebanyak dua kali.

“Alhamdulillah hari ini sudah mnenunjukan hasil negatif yang kedua kali dan hari ini sudah diumumkan bahwa hasil covid 01 dinyatakan sembuh,” Terangnya.

Selain itu juga Rosita menyampaikan, rapid tes adalah alat untuk skiringdeteksi dini bukan menunjukan pendekatan diagnosa.

“Dikatakan diagnosa apabila telah dilakukan pemeriksaan Realtime Polymerase Chain Reaction (R-PCR)”. Ucapnya.

Rosita juga melanjutkan, untuk para OTG.ODP dan PDP akan dilakukan pemeriksaan Rapid Test dan bila hasilnya positif akan dilanjutkan dengan pemeriksaan PCR dan jika hasilnya negatife maka akan dilakukan pemeriksaan selama 7 sampai 10 hari kemudian.” Jelasnya

Sementara wakil ketua I Tim gugus Tugas Covid-19 Malut Dandrem 152 Babullah Ternate, Kolonel ifn, Endro Satoto dalam penyampaiannya tetap meminta kepada seluruh masyarakat Maluku Utara agar turut serta mengawasi penyebaran atau penularan virus Corona.

“jika ada masyarakat yang di curigai terdampak virus Corona di lingkungan masing-masing agar dilaporkan ke petugas kesehatan di wilayahnya,” Pintanya.

Diketahui untuk saat ini, kasus PDP yang sementara menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Chasan Boesorie sebanyak 6 orang dan 1 orang terkonfirmasi positif Covid -19, sedangkan PDP di hotel Sahid tinggal 1 orang dan 1 orang PDP masih menjalani perawatan di Kabupaten Kepulauan Sula. (HumasMalut)