Saturday, 23 May 2020

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca 2 Remaja dari Kluster Magetan Positif Covid-19 di Manggarai Barat.. 2 Remaja dari Kluster Magetan Positif Covid-19 di Manggarai Barat.LABUAN BAJO, LELEMUKU.COM  - Kasus Pasien positif Covid-19 di Manggarai Barat, Provinsi NTT kembali bertambah dua orang remaja dari kluster Magetan Jawa Timur yang selanjutnya disebut pasien 013 dan 014.

Hal tersebut tertuang dalam siaran pers media center Covid-19 Kab. Manggarai Barat No : 016/SP/MCCOVID19/MABAR/V/2020 tanggal, 20 Mei 2020 sore.

Kepastian penambahan dua pasien positif tersebut sebagaimana disampaikan dalam siaran siaran pers media center Covid-19 Manggarai Barat No : 016/SP/MCCOVID19/ MABAR/V/2020, Rabu (20/5) sore. 

Berdasarkan Surat Hasil Pemeriksaan Laboratorium Biologi Molekuler, Instalasi Patologi Klinik RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang Nomor: RSUD.PK.C19.414 dan RSUD.PK.C19.415 terhadap sampel swab rujukan RSUD Komodo Manggarai Barat terkonfirmasi positif Covid-19.

Dua sampel tersebut bagian dari 27 sampel swab yang dikirim pada tanggal 17 Mei 2020 yang lalu dengan helikopter BNPB Mabar.

Disebutkan bahwa pasien 013 Inisial MR, kluster Magetan, Laki -laki, 13 tahun, Kelurahan Labuan Bajo, Kec. Komodo, Kab Manggarai Barat, OTG, Jenis Spesimen NP/OP-2, disimpulkan positif Covid-19.

Kemudian Pasien 014 Inisial ARP, kluster Magetan, Laki-laki, 14 tahun, Kampung Air, Kelurahan Labuan Bajo, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Jenis Spesimen NP/OP-2, disimpulkan positif Covid-19.

Kedua Pasien merupakan pelaku perjalanan dari Kab. Magetan, Jawa Timur dan telah menjalani proses karantina mandiri di rumah begitu tiba di Manggarai Barat pada April lalu. Kemudian dipantau langsung oleh tim Surveillance dan tim Medis.

Kemudian Setelah melakukan karantina mandiri di rumah dari tgl 15-17 April 2020. Pihak keluarga menyanggupi melakukan karantina mandiri dan menyediakan kamar tersendiri. Kedua pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 ini berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG).

Setelah dinyatakan positif, pada pukul 17.00 Wita, Pasien 013 dan 014 dibawa ke RSUD Komodo. Dan keluarga dari dua pasien telah diambil swab hari ini (20/5) dan akan segera dikirim ke Laboratorium di Kupang.

Saat ini total ada 14 pasien positif Covid-19 yang secara intensif dipantau dan diawasi Tim Surveillance Dinas Kesehatan Kab. Mabar dan Tim Medis RSUD sesuai dengan standar prosedur penanganan Covid-19.

Untuk diketahui setelah terkonfirmasinya dua pasien positif Covid-19, maka Pemkab Mabar telah melakukan tracing (melacak) riwayat dengan siapa-siapa saja pasien pernah melakukan kontak/ interaksi sosial baik fisik maupun perjalanan,

Termasuk pegawai kelurahan dan Puskesmas terkait yang sempat melakukan kontak dengan kedua pasien tersebut sesuai SOP yang berlaku.

Disebutkan Pemkab Mabar menekankan kepada seluruh masyarakat untuk semakin tertib dan patuh pada protokol perlindungan diri minimum, yaitu menggunakan masker di manapun berada termasuk di dalam rumah.

Membatasi aktivitas di luar rumah, dan melarang melakukan aktivitas yang menimbulkan keramaian/kerumunan, serta menerapkan pola hidup bersih dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun.

Pemerintah Daerah akan terus melakukan berbagai upaya yang terukur untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 agar tidak semakin meluas di Kabupaten Manggarai Barat. (InfoPubliK)