Tuesday, 15 September 2020

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Herry Naap Terima Piagam Manggala Karya Kencana dari BKKBN RI.

BIAK, LELEMUKU.COM – Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd menerima penghargaan Manggala Karya Kencana tahun 2020 dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Republik Indonesia.

Penyerahan itu dilakukan oleh Kepala Perwakilan BKKBN Papua Carles Brabar, SE, M.Si mewakili Kepala BKKBN RI, dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) kepada Bupati Herry Ario Naap, di Guest House Biak, Selasa (8/9) kemarin.

Penghargaan Manggala Karya Kencana Tahun 2020 diberikan oleh pemerintah pusat ke pemerintah kabupaten Biak Numfor melalui BKKBN RI karena dinilai berhasil melalui program pembangunan keluarga berkualitas. Selain itu, dalam penilaian juga tetap memperhatikan pada daerah yang dinilai memiliki program atau dedikasi tinggi dalam melakukan upaya pembangunan keluarga, salah satunya mendukung program “bangga kencana”.

Penyerahan Manggala Karya Kencana itu sebenarnya diagendakan akan diserahkan di peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 dan Hari Anak Nasional (HAN) yang secara nasional direncanakan dilaksanakan di Sumatra Barat (Sumbar), Juli 2020, namun karena pandemic Covid-19 akhirnya dibatalkan pelaksanaannya.

“Di Papua, ada dua kabupaten yang mendapatkan penghargaan Manggala Karya Kencana, yakni Kabupaten Keerom dan Kabupaten Biak Numfor. Untuk Kabupaten Keerom telah diserahkan pada tanggal 17 Agustus lalu, sedangkan Kabupaten Biak Numfor baru diserahkan kali ini, dan kami dipercayakan mewakili untuk menyerahkan gara-gara Covid-19,” ujar Kepala Perwakilan BKKBN Papua Carles Brabar, SE, M.Si setelah menyerahkan piagam penghargaan itu di Guest House Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, kemarin.

Menurutnya, pemberian penghargaan ini dilakukan melalui berbagai seleksi yang cukup ketat oleh tim penilai, dan dilakukan setiap tahun. Tim penilai itu melakukan penilaian terhadap program pembangunan kepala daerah (bupati/wali kota), penilaian terhadap pembangunan keluarga kependudukan dan program keluarga berencana yang berkualitas.

“Program keluarga dimaksud adalah bagaimana memperhatikan kualitas hidup dalam keluarga dengan menyiapkan masa depan anak-anak sebagai anggota keluarga, mulai dari pendidikan tingkat bawah hingga ketika mereka besar. Intinya, melalui program keluarga berencana ini dalam keluarga itu dapat menyiapkan anak-anak yang berkualitas,” tandasnya.
Dikatakan mewujudkan keluarga yang berkualitas dari berbagai sisi membutuhkan dukungan lintas sektor atau instansi, kolaborasi program yang masuk di wilayah kampung-kampung dan keluarga juga dinilai sebagai salah satu bagian yang tak terpisahkan dari terwujudnya keluarga berkualitas.
Sementara itu Bupati Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd menyampaikan ucapan terimah kasih kepada pihak BKKBN Provinsi Papua dan BKKBN Pusat serta pemerintah pusat pada umumnya atas penghargaan Manggala Karya Kencana tersebut. Penghargaan diharapkan akan menjadi motivasi untuk meningkatkan pelayanan serta karya dalam mendorong berbagai program pemberdayaan keluarga berkualitas di kampung-kampung.

“Kepada pihak yang telah ikut serta mengambil bagian sehingga penghargaan ini didapatkan kami ucapkan terima kasih dan berikan apresiasi. Tentu konsep keluarga berencana yang berkualitas dimaksud bukan pembatasan kelahiran, namun bagaimana anak-anak sebagai anggota keluarga disiapkan secara matang sejak usia dini melalui perencanaan kehidupan keluarga yang berkualitas,” jelasnya.
“Penghargaan ini menantang kita semua khususnya lagi jajaran Pemerintah Kabupaten Biak Numfor dalam meningkatkan kualitas pelayanan di lapangan, bekerja inovatif dan kreatif dengan terus berupaya melakukan perubahan dan kegiatan nyata yang dapat berdampak bagi kemajuan ataupun mandirian keluarga,” lanjut Bupati saat memberikan sambutan. (HumasBiakNumfor)