Thursday, 15 October 2020

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Bulog Sifnana Jamin Ketersediaan 1.400 Ton Beras Bagi Masyarakat Tanimbar.

 


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Bulog Sifnana di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Ronald Daniel Tuhilatu menyebutkan jika pihaknya menjamin ketersediaan kebutuhan pangan masyarakat Tanimbar dengan menyediakan sebanyak 1.400 ton beras.

“Saat ini di gudang bulog tersedia 1.400 ton beras, termasuk Bantuan Sosial Beras untuk KPM PKH. Sistem kami begitu stoknya berkurang, langsung diisi lagi. Jadi tidak pernah ada kekurangan stok,” sebut dia kepada Lelemuku.com pada Kamis, 15 Oktober 2020.

Tuhilatu mengungkapkan untuk pengadaan barang di masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dengan pembatasan transportasi laut bagi kapal-kapal perintis penumpang dan kargo. Pihaknya sama sekali tidak mengalami hambatan, karena dipermudah dengan adanya pelayanan tol laut yang selalu rutin menyinggahi pelabuhan Saumlaki.

“Kami gunakan tol laut yang untuk kapal barang tidak kena dampak lockdown. Jadi distribusi sejauh ini lancar untuk persediaan stok, walaupun pandemi tetap aman,” ungkapnya.

Sementera itu terkait dengan peluncuran Bantuan Sosial Beras (BSB) bagi 7.690 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanimbar pada Rabu, 14 Oktober 2020.

Tuhilatu  menjelaskan pihaknya ditunjuk oleh Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia (RI) sebagai penyedia barang dan untuk distribusi dipercayakan kepada salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT. Bhanda Ghara Reksa (BGR) Logistik.

“BSB KPM PKH ini berbeda dengan rastra, kalau rastra itu kami menyediakan barang dan bertanggung jawab sampai di titik distribusi. Tetapi untuk BSB KPM PKH kami hanya sebagai penyedia barang saja,” tambah dia. (Laura Sobuber)