Friday, 16 October 2020

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca PDAM Tanimbar Mampu Tambah PAD Lewat Suplai Air Bersih di Kapal.

 


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Bupati Kepulauan Tanimbar di Provinsi Maluku, Petrus Fatlolon, SH., MH optimis jika Perusahaan Daerah Air Minum di daerah itu mampu untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pemenuhan suplai air bersih di pelabuhan Saumlaki dan Larat.

Hal itu ia sampaikan saat melantik Direktur Utama (Dirut) PDAM yang baru Drs. Roni Okto pada Kamis, 15 Oktober 2020. Fatlolon meminta Dirut Okto untuk melakukan perubahan di intenal perusahaan dengan melakukan membenahan yang memberikan kontribusi terhadap PAD.

“Pelabuhan saumlaki dan Larat setiap kapal yang masuk mestinya PDAM dapat memenuhi kebutuhan air bersihnya. PDAM yang suplai air bersih ke kapal, ini prioritas,” ujar dia.  

Fatlolon menuturkan jika upaya tersebut pernah dilakukan dirinya dengan mengunjungi langsung Kantor Unit Penyelenggaraan Pelabuhan (UPP) Kelas II Saumlaki dan Pelni Cabang Saumlaki guna mengetahui tentang administrasi pelabuhan dan telah disepakati bersama bahwa PDAM Tanimbar siap menyuplai kebutuhan air bersih untuk pelabuhan. Tetapi hingga kini, kesepakatan itu belum terlaksana.  

Selain itu, Ia berharap pihak PDAM pun dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Tanimbar di tengah curah hujan yang sangat kurang saat ini. Fatlolon mengungkapkan walau diperhadapkan dengan keterbatasan, pihaknya telah mengupayakan pekerjaan instalansi air bersih dengan menggunakan pipa ukuran besar.

“PDAM adalah perusahaan milik daerah, pemda ada dibelakang bapak dirut yang baru untuk membenahi iternal PDAM. Termasuk meningkatkan pendapatan PDAM guna bisa memberikan kontribusi terhadap PAD. Belajarlah dari manajemen sebelumnya yang belum memadai, benahi untuk lebih baik lagi,” harap Fatlolon. (Laura Sobuber)