Friday, 27 November 2020

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Tambah 11 Kasus, Total 103 Pasien COVID-19 di Tanimbar Per 27 November 2020.

 


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Kasus Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku bertambah 11 kasus menjadi 103 pasien per Jumat, 27 November 2020.

Kepala Dinas Kesehatan Tanimbar, dr. Edwin Tomasoa mengatakan hasil dari tes swab massal perdana yang dilakukan pihaknya telah tuntas keluar, dimana telah dilakukan tes kepada 365 specimen  dari Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Bertambahnya kasus karena tes swab massal. Ini akan ada penambahan kasus diluar para medis dan anggota keluarganya,” ujar dia kepada Lelemuku.com pada Jumat, 27 November 2020.

Tomasoa menjelaskan tes swab gelombang kedua dilakukan kepada 500 orang lebih dan akan dilanjutkan tes swab ketiga bagi masyarakat umum. 

Ia menuturkan tes massal itu dilakukan dalam upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanimbar melakukan pemutusan mata rantai dan deteksi secara massal virus itu.

Menurut Tomasoa Tanimbar telah menjadi kategori zona hijau COVID-19 dalam kurun waktu yang lama karena tertutupnya akses masuk dan keluar daerah itu. Namun, setelah pemberlakukan tatanan kehidupan baru penularan pun terjadi melalui transmisi lokal, yaitu seseorang terinfeksi tanpa bepergian ke luar wilayah atau bertemu dengan orang asing di luar wilayah.

“Kita lakukan swab massal karena keakuratannya. Semakin cepat kita mampu menyelenggarakannya, maka upaya penanganannya pun akan lebih cepat,” tutupnya. (Laura Sobuber)