Saturday, 20 February 2021

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Budhi Achmadi Ungkap Lanud Silas Papare Dukung Corinus Krey Jadi Pahlawan Nasional Papua.
SENTANI, LELEMUKU.COM – Komandan Lanud Silas Papare, Marsma TNI Budhi Achmadi menerima kunjungan Agus Krey dan Max Krey sebagai putera dari Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dan Pepera Almarhum Mayor Pur AU Corinus Krey pada Selasa, 09 Februari 2021.

Mendiang Corinus Krey menjadi sosok yang hampir terlupakan dalam sejarah integrasi Papua ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Padahal ia adalah Wakil Ketua Komite Indonesia Merdeka (KIM) yang merintis kemerdekaan Papua dari Belanda.

Pertemuan tersebut terjadi berawal dari pertemuan Danlanud Budhi Achmadi dengan putri angkat Martin Indey yang mengulangi pesan ayahnya bahwa suatu saat Corinus Krey harus diusulkan menjadi Pahlawan selepas Frans Kasiepo dan Martin Indey. Dalam kesempatan tersebut dibahas tahapan untuk pengusulan gelar pahlawan untuk Corinus Crey.

Diketahui Martin Indey dan Corinus berkerja bersama-sama dibawah supervisi Frans Kasiepo yang saat itu terbatas pergerakannya karena menjabat sebagai Kepala Distrik di Sentani.

Saat itu Ketua KIM adalah Martin Indey dan Corinus Krey adalah Wakilnya. Corinus Krey menjadi tokoh KIM yang wafat paling terakhir, yaitu pada 1992. Sehingga belum sempat diusulkan menjadi Pahlawan Nasional. (LanudSilasPapare)