Monday, 22 February 2021

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Ridwan Rizky Musa Pimpin Tanggap Darurat Bencana di Tanimbar.

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Saumlaki, Letkol Laut (P) Ridwan Rizky Musa,. S. E,. M. Tr. Opsla memimpin upacara apel gelar tanggap darurat penanggulangan bencana di Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku.  

“Kegiatan ini untuk mengecek kesiapan prajurit dan peralatan yang dimiliki Lanal Saumlaki,” sebut dia pada Senin, 22 Februari 2021.


Ridwan mengatakan latihan kesiapsiagaan di lingkungan TNI AL sebagai salah satu bagian penting dari pembinaan personel yang lebih diarahkan kepada pemantapan kesiapan organisasi agar lebih antisipatif terhadap dinamika lingkungan dan keadaan apapun di masa mendatang.

Dalam menghadapi cuaca ekstrim akibat potensi bencana Fenomena La Nina yang mampu memicuh curah hujan jauh lebih tinggi dibandingkan kondisi normal dan dapat mengakibatkan tinggi gelombang air laut, pihaknya memiliki 1 Kapal AL (KAL) Pulau Nustual, 2 Bakamla, perahu karet dan para penyelam andal bahwa laut.


Ridwan meminta para prajurit Lanal Saumlaki lebih proaktif dalam menjalankan setiap latihan atau tugas, mampu mendeteksi dini setiap bentuk darurat, menangani dan menyelesaikan serta mengantisipasi berbagai bentuk darurat bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi dengan kerjasama dan interaksi positif diantara prajurit.

“Selain itu kepada masyarakat Saumlaki yang mayoritas nelayan diharapkan perhatikan cuaca sebelum melaut, ini terkait dengan keselamatan kerja. Apabila tidak memungkinkan, jangan dipaksakan. Akhir-akhir ini kami sering melakukan penyelamatan terhadap banyak kapal terbalik akibat kelebihan muatan,” tambah Ridwan. (Laura Sobuber)