Monday, 22 February 2021

Silahkan klik tulisan atau gambar untuk lanjut membaca Waspada La Nina, Ridwan Rizky Musa Imbau Nelayan Tanimbar Sadar Cuaca Ekstrim.

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Saumlaki, Letkol Laut (P) Ridwan Rizky Musa,. S. E,. M. Tr. Opsla mengimbau seluruh masyarakat yang mayoritas nelayan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku untuk memperhatikan cuaca ekstrim akibat potensi bencana Fenomena La Nina.

Fenomena tersebut mampu memicuh curah hujan jauh lebih tinggi dibandingkan kondisi normal dan dapat mengakibatkan tinggi gelombang air laut.

“Perhatikan keselamatan berlayar dengan gunakan swimvest, apabila cuaca tidak memungkinkan jangan dipaksakan,” imbau dia kepada Lelemuku.com pada Senin, 22 Februari 2021.

Ridwan menyebutkan akhir-akhir ini pihaknya sering melakukan penyelamatan terhadap beberapa kapal atau longboat alami kecelakaan laut akibat kelebihan muatan dan penumpang serta terbawa arus.  

Salah satu kejadian, penyelamatan 10 orang pekerja bagan pada Rabu, 16 Desember 2021. Mereka menggunakan longboat bertolak dari pasar ikan Saumlaki, Kelurahan Tanimbar Selatan (Tansel) menuju bagan ikan sekitar tanjung Tual di perairan alur masuk Pelabuhan Saumlaki.

Longboat itu dihantam ombak sekitar 1,5 meter, air laut masuk ke dalam longboat dan tenggelam.

“Kapal itu melebihi muatan, kemudian yang dipekerjakan juga ada anak-anak di bawah umur 17 tahun yang masih SMP dan juga masih SD naik ke kapal,” sebutnya. (Laura Sobuber)