Iklan

Nanang Hariono Terima Tim Audit Kinerja Itjen TNI di Lantamal X Jayapura

Nanang Hariono Terima Tim Audit Kinerja Itjen TNI di Lantamal X Jayapura

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Wakil Komandan Lantamal X Kolonel Laut (P) Nanang Hariono mewakili Komandan Lantamal X menerima Tim Audit Kinerja Itjen TNI periode II Tahun 2022 di Lantamal X Jayapura Rabu, 15062022.

Wakil Komandan Lantamal X Kolonel Laut (P) Nanang Hariono dalam sambutannya mengatakan selamat jalan Tim Audit kinerja Itjen TNI di Mako Lantamal X Jayapura.

Sementara itu Tim Auidit Kinerja Itjen TNI yang di wakili dalam sambutanya  yang di bacakan Kolonel Marinir Encep Wahyu Gumelar, S.E. mengatakansesuai UU RI nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI pasal 15 ayat 5 dan 6 bahwa panglima TNI memiliki tugas dan kewajiban menyelenggarakan pembinaan kekuatan TNI serta memelihara kesiapsiagaan operasional dan Perpres nomor 66 tahun 2019 tentang Orgas TNI bahwa TNI merupakan lembaga yang dipimpin oleh panglima TNI (TNI terdiri atas TNI AD, TNI AL, dan TNI AU).

Berdasarkan keputusan panglima TNI nomor Kep/1410/XII/2018 Ijen TNI selaku Apip memiliki tugas untuk menyelenggarakan pengawasan intern di UO Mabes TNI, UO Angkatan dan Kotama OPS/Balakpusnya.

Terkait dengan hal tersebut di atas, tugas dan tanggung jawab Itjen TNI selaku pembantu panglima TNI berkewajiban menyelenggarakan pengawasan terhadap daya guna, tepat guna, tertib hukum, dan tertib tindak di bidang pembinaan kesiapsiagaan, penggunaan dan pembangunan kekuatan serta perbendaharaan di lingkungan TNI dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

" Fungsi Itjen TNI selaku APIP Adalah, Consuting Partner, Quality Assurance, Early Warning System." Jelas Katim.

Sebagai Consulting Partner, Apip Itjen TNI berperan sebagai mitra kerja Entitas, memberikan masukan dan saran tentang pertanggungjawaban program kerja dan anggaran.

Sebagai Quality Assurance,  Apip Itjen  TNI berperan sebagai penjamin mutu bahwa prinsip-prinsip akuntabilitas telah di penuhi.

" Sebagai Early Warning, Sistem Apip Itjen TNI melaksanakan  pengawasan sejak dini guna mencegah penyimpangan atau kesalahan, terkait dengan peran tersebut di atas," Ucap Katim Tim Audit Kinerja Itjen TNI.

Apip Itjen TNI menetapkan pola pengawasan Pre, Current dan post Audit. Pre Audit di laksanakan pada tahap perencanaan. Current Audit di laksanakan pada saat kegiatan berjalan. Post Audit di laksanakan terhadap program kerja dan anggaran yang sudah selesai di laksanakan. Kata Kolonel Marinir Encep Wahyu Gumelar.

" Melalui penjelasan tersebut di atas, kami berharap agar seluruh Entitas atau  satker memanfaatkan setiap kegiatan pengawasan Apip Itjen baik Itjen TNI maupun Itjen angkatan guna bersama-sama membenahi dan menata pertanggungjawaban program kerja dan anggaran sesuai  ketentuan yang berlaku." Jelas Katim.

Terkait dengan pelaksanaan Wasrik Itjen TNI, kami berharap adanya dukungan dan kerjasama dari seluruh Obrik dalam menyiapkan data sehingga pelaksanaan Wasrik ini dapat berjalan dengan lancar. pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Para Asisten Danlantamal X, Dansatrol Lantamal X, Danpomal Lantamal X, Danyonmarhanlan X, Dandenma Lantamal X , Dantim Intel Lantamal X ,Para Kadis dan Kasatker Lantamal X. (DispenlantamalX)

0 Comments