Iklan

Kemenkes Brazil Pastikan Kematian Pertama Akibat Cacar Monyet


BRASILIA, LELEMUKU.COM - Kementerian Kesehatan Brazil hari Jumat (29/7) memastikan terjadinya kematian pertama akibat cacar monyet di negara Amerika Selatan itu.

Pejabat Sekretariat Kewaspadaan Kesehatan, Arnaldo Medeiros mengatakan, "Kemarin (Kamis) terdapat kematian pertama yang dilaporkan ke Kementerian Kesehatan dan hari ini tanggal 29 Juli, kami mulai menyatakan keadaan darurat terkait cacar monyet."

Dalam konferensi pers, Sekretaris Eksekutif Kementerian Kesehatan Daniel Pereira mengatakan, korban adalah seorang pria yang tinggal di negara bagian Minas Gerais yang memiliki kekebalan tubuh yang rendah dan penyakit penyerta (komorbid).

"Ini adalah pasien yang memiliki penyakit penyerta dan riwayat pengobatan kemoterapi. Ada indikasi bahwa alasan kematian terkait dengan virus. Kami sedang menyelidiki kaitan komorbiditas dalam kematian (pasien) ini," kata Pereira.

Brazil sejauh ini mencatat 1.066 kasus penularan cacar monyet di 16 negara bagian, sebagian besar terjadi di São Paulo. (VOA)

0 Comments