Iklan

Karantina Pertanian Jayapura Gelar Pelatihan Griyaan Teknik dan Metode Kalibrasi

Karantina Pertanian Jayapura Gelar Pelatihan Griyaan Teknik dan Metode Kalibrasi

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Karantina Pertanian Jayapura melaksanakan kegiatan Inhouse training (pelatihan griyaan) teknik dan metode pengecekan antara/kalibrasi antara pada Senin 8 Agustus hingga Rabu 10 Agustus 2022 di Laboratorium Karantina Pertanian Jayapura. 

Pelatihan ini merupakan salah satu wujud komitmen manajemen mutu dalam menjamin keabsahan hasil pengujian laboratorium. Sebab, keabsahan hasil pengujian dipengaruhi oleh seberapa akurat dan presisi alat laboratorium yang digunakan.

Mendatangkan Mustafa S.E selaku analis penguji sebagai narasumber dari Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang, Dinas Perdagangan Pemprov Sulawesi Selatan.

Pengecekan antara atau kalibrasi antara adalah tindakan konfirmasi melalui pengujian dan penyajian bukti untuk memelihara keyakinan pada status kalibrasi peralatan. Sementara kalibrasi merupakan proses verifikasi bahwa suatu alat ukur memiliki akurasi hasil sesuai rancangannya.

Kepala Karantina pertanian Jayapura, Muhlis dalam sambutannya sebagai laboratorium yang telah terakreditasi SNI ISO/IEC 17025:2017, laboratorium Karantina Pertanian Jayapura menetapkan pengecekan antara terhadap alat laboratorium sebagai agenda wajib setelah dilakukan kalibrasi eksternal. 

"Utamanya peralatan yang berada dalam ruang lingkup akreditasi harus dilakukan kalibrasi dan pengecekan antara agar hasil pengujian lebih akurat," kata dia.

Diharapkan setelah pelatihan griyaan ini digelar, personil laboratorium dapat melaksanakan pengecekan antara/kalibrasi antara terhadap alat laboratorium sesuai standar terbaru yang diberlakukan secara internasional) (Kantinaertanianjayapura

0 Comments