Iklan

BI Dukung Gerakan Tanam Cabai dan Bawang Merah Serentak di Maluku

BI Dukung Gerakan Tanam Cabai dan Bawang Merah Serentak di Maluku

AMBON, LELEMUKU.COM - Kendalikan Laju Inflasi Pangan, Dicanangkan Gerakan Tanam Cabai Serentak di Provinsi Maluku

Guna mengendalikan tingginya inflasi pangan, Bank Indonesia bersama Pemerintah Provinsi Maluku, Kodam XVI Pattimura dan Universitas Pattimura mencanangkan kegiatan gerakan tanam cabai dan bawang merah serentak di Provinsi Maluku.

Pencanangan ini dilaksanakan pada tanggal 20 September 2022 bertempat di Kebun Percontohan Mutiara Pattimura, Kawasan Universitas Pattimura, Kota Ambon dan disiarkan secara langsung ke seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku. 

Kegiatan ini sebagai bentuk Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) yang merupakan sinergitas Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur menyampaikan apresiasi atas kolaborasi multi-pihak dalam mewujudkan gerakan menanam cabai dan bawang merah serentak. 

Langkah ini diperlukan sebagai respon jangka menengah panjang, atas tingginya laju inflasi komoditas pangan pada bulan Juli dan Agustus 2022 lalu. 

Wakil Gubernur juga menyampaikan harapan seluruh stakeholders dapat terus menjalin kolaborasi dalam penanganan inflasi, meningkatkan inovasi untuk menjaga ketersediaan pasokan menjaga keberlanjutan dari kegiatan pengendalian inflasi yang sudah dilakukan. 

Dalam kesempatan ini, kepala daerah di 11 Kabupaten/Kota yang menyaksikan secara daring menyatakan kesiapannya dalam mensukseskan gerakan tanam cabai dan bawang merah ini di wilayahnya masing-masing.

Seremoni penanaman cabai dan bawang merah berlangsung meriah ditandai dengan pemukulan tifa dan pelepasan balon oleh para pihak yang berkolaborasi, dipimpin oleh Wakil Gubernur Provinsi Maluku. 

Dalam kegiatan ini juga turut dilakukan seremoni penyerahan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupa 1 paket alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada Kelompok Tani Wanareja, Kabupaten Buru dan Kelompok Tani Bukit Barisan, Ambon, serta bantuan greenhouse kepada Pondok Pesantren Ishaka, Kota Ambon. 

Selain itu dilakukan juga penyerahan 12.700 anakan cabai hasil sinergi antara Pemerintah Provinsi Maluku dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku kepada masyarakat. 

Seremoni ditutup dengan kegiatan menanam cabai dan bawang merah bersama secara langsung pada Kebun Percontohan Mutiara Pattimura oleh stakeholders terkait. Selain seremoni kegiatan, dilaksanakan pula pasar murah berbagai komoditas pangan yang dilaksanakan oleh TPID Maluku. (BIMaluku)

0 Comments