Iklan

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Jayapura Gelar Orientasi dan Rakercab

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kota Jayapura Gelar Orientasi dan Rakercab

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpuan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Jayapura, Provinsi Papua menggelar orientasi dan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) dengan Tema ‘Peran dan Sinergitas Pengusaha Muda dalam Pemulihan Ekonomi daerah’ pada Sabtu, 17 September 2022.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Evert Merauje dan dihadiri oleh Pengurus Cabang HIPMI Kota Jayapura, pengusaha muda Kota Jayapura, Badan Pengurus HIPMI Provinsi Papua dan tamu undangan lannya dengan turut menyaksikan pembukaan Rakercab tersebut.

Asisten I Merauje menyambut baik pelaksanaan kegiatan yang bertujuan ingin mempererat hubungan silaturahmi dan kerjasama melalui berbagai rumusan guna melahirkan keputusan dalam program kerja kepengurusan Hipmi di Kota Jayapura.

“Dalam melaksanakan langkah-langkah maju bagi organisasi untuk melakukan program kerja kedepan yang lebih baik dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi anggota dan pembangunan daerah,” ujar dia kepada Papua News.

Ia mengatakan pertemuan itu merupakan salah satu kewajiban bagi organisasi dalam mengevaluasi kembali program kerja yang telah berjalan dan sedang berjalan serta diharapkan mampu memberikan arti dan kesadaran bagi para anggota lebih berperan secara aktif membangun perekonomian bangsa, khususnya di kota Jayapura.

“HIPMI harus mampu  mendesain program kerja dan keputusan yang dapat menjawab tantangan dan hambatan pembangunan yang disesuaikan dengan kemampuan dan situasi kondisi di Jayapura yang sejalan dengan arah prioritas pembangunan daerah,” kata Merauje.

Ia menegaskan dan  menyadari bahwa segala usaha dan upaya membangun dan meningkatkan berbagai sektor unggulan di kota Jayapura masih saja dihadapkan berbagai tantangan dan kendala. Maka masyarakat dituntut lebih cerdas dalam menciptakan terobosan yang dapat menggali dan mengembangkan usaha dan mempunyai peranan strategis sebagai sumber pendapatan masyarakat dan prospek pasar dalam negeri dan luar negeri.

Menurut Merauje guna mencapai pertumbuhan ekonomi bagi kesejahteraan diperlukan kerja keras dalam mengelola berbagai sumber potensi atau sumber usaha guna meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat.

Ia pun mengajak Hipmi Jayapura untuk satukan langkah bagi peningkatan di berbagai sektor pembangunan yang lebih matang secara terorganisasi, sinkronisasi dan upaya bersinergi dalam mencapai dan menetapkan suatu sasaran serta program kerjasama untuk melahirkan upaya memajukan pembanguan dan kesejahteraan masyarakat kedepan.

“Diharapkan dari hasil musyawarah daerah ini dapat memberikan peluang kepada seluruh anggota HIPMI untuk bisa maju selain mengembangkan sektor usahandi daerah serta dapat mengajak para-  invertor untuk menanamkan modalnya di daerah ini,” harap Merauje.

Selanjutnya, Ketua Umum Hipmi Upriadi Laling mengatakan yang melatarbelakangi Cabang HIPMI Kota Jayapura melaksanakan orientasi dan rakercab tersebut dan poin yang paling penting adalah pihaknya ingin meninggalkan sesuatu yang terbaik karena pada prinsipnya sampai hari ini belum ada warisan yang berarti dari kepengurusan.

Ia  mengutarakan alasan dilakukan orientasi dan rakercab yang pertama adalah untuk mengumpulkan- data base pengusaha pasca pihaknya dilantik 3 bulan yang lalu. Kegiatan itu adalah kegiatan yang ke-5 dilaksanakan gguna pendataan data base pengusaha dan meningkatkan silaturahmi dan kekeluargaan.
“Sehingga kepengurusan kedepannya semakin solit dan melaksanakan program program yang akan kami bicarakan nanti,” sebut Laling.  

Ia menjelaskan Hipmi adalah organisasi kepemudaan sebagai tempat bernaung pengusaha anak muda yang umurnya sampai 40 Tahun ke bawa dan ingin mengambil peran di bidang perdagangan barang dan jasa dan turut berkomitmen dan berperan menciptakan para interpreneur muda yang mampu memberikan sinergitas bagi pemerintah.

“Kegiatan yang dilakukan adalah open rekrutmen kepada pengusaha yang mau bergabung dan salah satu syarat harus direktur atau direktris atau pun manager, nanti akan berbayar jadi salah satu syaratnya. Kurang lebih Rp1.500.000 dengan fasilitas melakukan MoU bersama hotel, departemen store, toko modern dan mereka yang bergabung di Hipmi akan mendapat Diskon,” ungkap Laling. (Laura Sobuber)


0 Comments