Iklan

Para Pemimpin APEC Adakan Pertemuan Darurat, Bahas Peluncuran Rudal Korea Utara


BANGKOK, LELEMUKU.COM - Para pemimpin Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) kembali mengadakan sesi makan siang pada Jumat (18/11), setelah mengadakan pertemuan darurat di sela-sela KTT di Bangkok untuk membahas peluncuran terbaru rudal Korea Utara.

Pembukaan KTT yang diselenggarakan selama dua hari untuk membahas kesulitan ekonomi global itu dirusak provokasi Pyongyang, yang menuai kecaman keras dari Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris dan pemimpin Jepang, Korea Selatan, Kanada, Australia, dan Selandia Baru.

Peluncuran rudal pada Jumat semakin mendongkrak rekor peluncuran rudal Korea Utara sepanjang tahun ini, setelah negara itu kembali menguji rudal balistik antarbenua (ICBM) untuk pertama kali sejak 2017. Uji coba itu mematahkan moratorium yang diberlakukan sendiri pada peluncuran jarak jauh sementara pembicaraan denuklirisasi terhenti.

Pejabat-pejabat Korea Selatan dan Amerika mengatakan Korea Utara telah menyelesaikan persiapan untuk uji coba nuklir, dan kekhawatiran meningkat atas kemungkinan melakukan uji coba untuk pertama kalinya sejak 2017. (VOA)

0 Comments