Iklan

Raja Salman dan MBS Kirim Ucapan Duka ke Jokowi Soal Gempa di Cianjur


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Raja Salman dari Arab Saudi dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman mengirim ucapan belasungkawa kepada Presiden Joko Widodo setelah gempa Cianjur mengguncang provinsi di Jawa Barat itu. Gempa kuat telah menewaskan lebih dari 160 orang pada Senin. Tim penyelamat masih mencari korban selamat yang terperangkap di bawah reruntuhan di tengah serangkaian gempa susulan.

Dalam telegram singkatnya, Raja Salman menyampaikan ucapan kepada Jokowi. “Belasungkawa terdalam dan simpati yang tulus," ujar Raja Salman kepada Jokowi, keluarga korban tewas, dan rakyat Indonesia. Dia juga berdoa agar Tuhan memulihkan korban luka dengan cepat.

Ucapan duka cita juga dikirimkan oleh Pangeran Mohammed bin Salman. Dia menyatakan simpatinya kepada keluarga para korban.

Gempa Susulan Masih Terjadi

Pusat gempa berkekuatan 5,6 itu berada di dekat kota Cianjur di pegunungan Jawa Barat, sekitar 75 kilometer tenggara ibu kota, Jakarta. Wilayah ini adalah rumah bagi lebih dari 2,5 juta orang.

Gempa Cianjur susulan masih terjadi hingga Selasa pagi, 22 November 2022. Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung Teguh Rahayu menginformasikan, jumlah lindu susulan berjumlah 125 kali. Kekuatan gempa susulan itu bervariasi dari yang terbesar bermagnitudo 4,2 hingga 1,5.

Sebagian titik gempa susulan berada di sekitar garis Sesar Cimandiri yang juga dekat dengan wilayah Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi. BMKG memperbarui data jumlah gempa susulan per satu jam.

"Gempa susulan terbanyak yang totalnya 32 kali terjadi pada 1-2 jam pertama pasca gempa utama. Lalu 25 kali lindu susulan setelah 8-9 jam kemudian," kata Teguh, Selasa, 22 November 2022.

BMKG tidak bisa memastikan atau memprediksi berapa jumlah dan sampai kapan gempa susulan masih akan terjadi.(Tempo)

0 Comments